BERITA

Menilik Peran Akuntan di Era Revolusi Industri 4.0

Sabtu, 28 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Program Studi Akuntansi S1 dan D3 berkolaborasi dengan Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HMAk) Unikom, sukses menggelar Seminar Nasional bertajuk “The Role of Accounting in Industrial 4.0” pada Sabtu (22/9/2019). Kegiatan yang resmi dibuka oleh Ketua Prodi Akuntansi S1 Unikom, Dr. Siti Kurnia Rahayu, SE.,M.Ak.,Ak.,CA, diikuti lebih dari 250 peserta baik mahasiswa Unikom maupun peserta umum.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Prodi Akuntansi D3 Unikom, Dr.  Adeh Ratna Komala, S.E, M.Si, serta dosen tetap di lingkungan Prodi Akuntansi S1 dan D3 Unikom. Seminar nasional telah menjadi salah satu program kerja rutin tahunan dari Prodi dan Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unikom yang kali ini dikomandoi oleh Koordinator Seminar & Pelatihan Dr.  Surtikanti, S.E., M.Si ,Ak.,CA.

Sejumlah narasumber kompeten dari internal maupun eskternal Unikom hadir dan berbagi wawasan dalam kegiatan ini, diantaranya, Denny Febriano Singawiria, S.E.,M.M (Kepala Sub Direktorat Bimbingan Akuntansi Instansi dan Bendahara Umum Negara), Stefani Tanuwijaya,  S.E (Manager Marketing pada Mas Software), Doni Waluya Firdaus, SE., M.Si (Dosen Unikom). Seminar nasional kali ini bertumpu pada peran pentingnya akuntan di era Revolusi Industri (RI) 4.0, dimana adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bukan menggerus peran profesi akuntan seperti yang dipahami publik dalam pelaporan keuangan, namun sebaliknya.

Seperti disampaikan oleh para narasumber, bahwa peran akuntan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam perkembangan ICT.  Atas dasar itulah, mahasiswa akuntansi dituntut untuk dapat menghadapi tantangan TIK di masa depan dengan mengoptimalkan implementasi semua bekal pengetahuan akuntansi dan ICT yang diperoleh di bangku kuliah. Kendati pada kenyataannya tidak semudah membalikan telapak tangan, maka diperlukan keseriusan dalam proses belajar dan unjuk diri untuk mempertahakankan eksistensi seiring perkembangan teknologi yang kian pesat.

Melalui kegiatan ini diharapkan semakin memperluas cakrawala berpikir para peserta khususnya mahasiswa Prodi Akuntansi S1 dan D3 Unikom, agar selama mereka duduk di bangku kuliah dapat memanfaatkan kesempatan untuk menggali ilmu seluas mungkin, mencari berbagai pengalaman positif yang akan bermanfaat sebagai bekal di masa depan. (Direktorat Hms & Pro)

Dosen Prodi SI Unikom Berpartisipasi Aktif Menjadi Pembicara dalam berbagai Webinar
Selasa, 11 Agustus 2020
Program Patriot Desa IBEKA 2020
Selasa, 11 Agustus 2020
Perluas Wawasan Mahasiswa melalui Webinar Prodi KA Unikom “Seminar Sistem Informasi Keuangan Daerah”
Senin, 10 Agustus 2020