BERITA

Menilik Peluang dan Tantangan Profesi Planolog dalam Konteks Nasional dan Global

Sabtu, 23 Desember 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak 102 mahasiswa Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota (PWK) Unikom memadati Ruangan L.018 Smart Building Unikom untuk mengikuti kuliah umum bertajuk “Peluang dan Tantangan Profesi (Perencanaan Wilayah dan Kota) dalam konteks Nasional dan Global”. Kegiatan yang diadakan pada Rabu (20/12) pukul 09.00 WIB, secara resmi dibuka oleh Ketua Program Studi PWK Unikom, H. Tatang Suheri ST.,MT, untuk selanjutnya dipandu oleh moderator, Ir. Romeiza Syafriharti, MT.

Melalui kesempatan tersebut, Ir. Dicky Herdianto M.Sc (Ketua Ikatan Ahli Perencanaan (IAP) Jawa Barat) yang hadir sebagai pembicara, menyampaikan bahwa peluang dan tantangan profesi perencana terletak pada kapasitas perencana yang selalu dinamis. Perencana atau Planolog harus berada ditengah, diantara pemerintah, non-pemerintah, dan masyarakat karena setiap pembangunan bertumpu pada masyarakat. Tidak hanya itu, beliau pun turut menjelaskan peran dan kapasitas planolog yang meliputi sipil, lingkungan, ekonomi, arsitek, sosial dan budaya, komunikasi massa, serta hukum.

Menariknya materi yang disampaikan mampu menciptakan suasana komunikatif selama kuliah umum berlangsung. Tidak sedikit dari peserta yang memanfaatkan ketertarikannya untuk menggali pengetahuan lebih jauh mengenai peluang sebagai perencana atau planolog setelah lulus kuliah nanti. Seperti diungkapkan oleh Ikhsan salah satu peserta kuliah umum, “…ternyata peluang para perencana itu masih luas baik dalam pekerjaan lingkup pegawai negeri maupun pihak swasta seperti konsultan. Karena planologi itu fleksibel, pembelajaran dan jangkauannya luas baik peluang di dalam kajian planologi sendiri ataupun non-planologi”, ujarnya.

Saat ini para perencana atau planolog yang dibutuhkan harus memiliki kompetisi, fokus keahlian, inovatif, dan kreatif, serta menjawab kebutuhan masyarakat. Sehingga untuk mempersiapkan diri di masa depan sebagai planolog yang berkompeten, para mahasiswa Prodi PWK Unikom penting untuk memiliki pengetahuan, manajemen diri, keberpihakan, dan keterampilan analisa.

Kegiatan yang turut dihadiri oleh para dosen di lingkungan Prodi PWK Unikom, diantaranya Kani Mahardika, ST.,MT, Goldie Melinda Wijayanti, ST.,MT, dan Selfa Septiani Aulia, ST.,MT., diakhiri dengan agenda penyerahan cinderamata dari Prodi PWK Unikom kepada pembicara. Melalui kuliah umum ini, diharapkan mampu menambah ilmu dan wawasan para peserta, serta memberikan gambaran peluang dari perencana atau planolog di masa yang akan datang. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019