BERITA

Menilik Fenomena Generasi Muda ‘Zaman Now’ Melalui Muslimah Exhibition 2018

Senin, 16 April 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- ‘Let's Move and Speak Up Barudaks: Sukses Dalam Hijrah dengan Teladan Shahabiyah’ adalah tema yang diusung oleh Departemen An-Nisa LDK Ummi Unikom pada gelaran ‘Muslimah Exhibition 2018’ yang berlangsung di Auditorium Miracle Unikom, Sabtu (7/4). Menurut Tina Agustin selaku Ketua Pelaksana, permasalahan individualisme yang semakin menjalar ke dalam pribadi setiap orang telah menjadi pemantik Dept. An-Nisa LDK Ummi Unikom untuk menggelar kegiatan tersebut dengan harapan mampu meningkatkan suasana keislaman di Unikom secara khusus dan umumnya di berbagai kampus.

“Sikap individualisme menyebabkan berkurangnya kepekaan kita terhadap lingkungan, bahkan masalah pun bisa timbul dari ketidakpedulian tersebut, sebagaimana dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW melalui dakwah dan izin Allah SWT beliau mampu mengubah zaman jahiliyah yang penuh kerusakan menjadi zaman yang terang benderang, dimana dakwah beliau pun sampai kepada para shahabiyah yang kemudian membentuk shahabiyah berkeimanan mantap, berakhlak mulia dan tangguh, sehingga merekalah yang patut kita jadilan teladan dalam menjalani kehidupan maupun dalam berdakwah,” jelas Tina.

Lebih lanjut, Tina menyampaikan bahwa dakwah merupakan kewajiban bagi setiap individu muslim karena melalui dakwah mampu meningkatkan kepekaan pada lingkungan serta mencegah dan menyelesaikan masalah-masalah yang terjadi berdasarkan Al-Quran dan As-Sunah. Selain meningkatkan suasana keislaman, Dept. An-Nisa LDK Ummi Unikom juga memanfaatkan kegiatan ini sebagai gerbang rekrutmen keanggotaan dan sarana sillah ukhuwah guna meningkatkan eksistensi departemen tersebut di kalangan internal dan eskternal Unikom.

Hal senada juga diungkapkan oleh Dr. HM. Ali Syamsuddin Amin, Drs., S.Ag., M.Si, selaku Pembina Kemahasiswaan LDK Ummi Unikom. "Muslimah Exhibition merupakan kegiatan positif yang membekali kaum wanita agar dapat memerankan perannya lebih baik di berbagai hal kehidupannya, baik dengan suami,  keluarga, orang tua, dan lebih luas yaitu masyarakat, sehingga diharapkan kaum muslimah semakin bertambah wawasan keagaamannya dan menjadi wanita yang sholeha serta berilmu ," ujar Ali.

Sebanyak 173 peserta yang hadir dalam kesempatan tersebut, mendengarkan pemaparan materi dari Sdri. Erna Wulandari yaitu konsultan dan pemerhati masalah generasi juga sebagai Ketua Badan Koordinasi Lembaga Dakwah Kampus (BKLDK) Bandung tahun 2006. Walaupun menjadi agenda rutin tahunan, Dept. An-Nisa LDK Ummi Unikom selalu memberikan sentuhan berbeda dalam setiap pelaksanannya. Jika tahun lalu konsep ‘Muslimah Exhibition’ digelar dalam bentuk talkshow dan seminar, kali ini lebih mengedepankan konsep training. “…ditengah penyampaian materi, kami selingi dengan training dimana para peserta diarahkan untuk mencari satu orang teman untuk mengajukan pertanyaan yang sudah ditentukan oleh pemateri, dilanjutkan sesi sharing antara pemateri dan peserta, karena konsepnya training jadi tidak ada lagi sesi tanya jawab,” tambah Tina. Melalui kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00-12.00 WIB dihadapkan dapat membangun atmosfer keislaman di lingkungan Unikom serta meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan sekitar. (Direktorat Hms & Pro)

Program Kerja, Bahasan Utama Rapat Koordinasi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Senin, 12 November 2018
Pembagian Ruangan UTS Kewirausahaan Semester Ganjil TA. 2018-2019
Senin, 12 November 2018
KPM Unikom: Jangan Takut Bicara!
Sabtu, 10 November 2018