BERITA

Melalui Penelitian dan Pengabdian: Prodi Teknik Industri Unikom Bentuk Rasa Peka dan Peduli Mahasiswanya pada Kunjungan Industri

Kamis, 23 Januari 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Selasa, 14 Januari 2020, Program Studi Teknik Industri Unikom melakukan kunjungan industri sekaligus survey guna kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang akan dilaksanakan mendatang. Turut berpartisipasi dalam kesempatan ini Ketua Program Studi Teknik Industri Unikom Dr. Henny, ST., MT., para dosen dan perwakilan mahasiswa di HIMA Prodi Teknik Industri Unikom.

Dalam kesempatan ini, Prodi Teknik Industri berkunjung ke Cibaduyut Jaya dan Ciarmy, yang mana merupakan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak dalam bidang industri sepatu. Ketua Program Studi Teknik Industri Unikom menyampaikan “Sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang salah satunya kegiatan pengabdian kepada masyarakat, dimana menjadi salah satu media pendidikan untuk menumbuhkan kepekaan dan kepedulian mahasiswa dalam mendukung perkembangan kehidupan di masyarakat.” ujarnya.

Lebih lanjut Henny menuturkan, hasil survey yang dilakukan menunjukan bahwa minimnya pengetahuan dan strategi yang dimiliki para pelaku UMKM guna menghadapi revolusi industri 4.0 menjadi batasan dalam mengembangkan usahanya. “Berdasarkan permasalahan tersebut, melalui kegiatan PKM menjadi sarana yang tepat untuk Prodi dapat memberikan kontribusi secara langsung khususnya saat ini kepada para pelaku UMKM dalam menghadapi industri 4.0 sekaligus membantu peningkatan kegiatan ekonomi di masyarakat.” singkatnya.

 Selain itu Henny berharap melalui kegiatan kunjungan industri dan PKM dapat meningkatkan rasa tanggung jawab mahasiswa dalam pengelolaan kegiatan, dimana dosen hanya berperan sebagai instruktur dan pendamping selama kegiatan. “Selain itu, adanya korelasi antara pengabdian dan penelitian menjadikan setiap program studi khususnya Prodi Teknik Industri Unikom harus dapat mengimplementasikan semua bidang ilmu di masyarakat, sehingga melalui partisipasi tersebut akan timbul adanya kolaborasi antara institusi pendidikan dan masyarakat. ” tutur Henny. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Lakukan Penyemprotan Disinfektan Di Lingkungan Kampus
Selasa, 31 Maret 2020
Surat Edaran Perpanjangan Perkuliahan Online Unikom
Senin, 30 Maret 2020
LDK UMMI Gelar Kajian Muslimah Online Terkait Lockdown & Virus Corona
Senin, 30 Maret 2020