BERITA

Mahasiswa Unikom Raih Posisi Runner UP PLN Video Competition 2018

Jumat, 01 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) membuka tahun 2019 dengan kabar baik yang datang dari salah satu mahasiswanya di Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, Abu Rizal Ramdhan, atas pencapaiannya meraih Juara II Kategori Umum pada PLN Video Competition 2018. Kompetisi bertemakan “Listrik untuk Mudahkan Hariku” diinisiasi Perusahaan Listrik Negara (PLN) sebagai kompetisi tahunan dalam memperingati Hari Listrik Nasional (HLN) ke-73 yang diwujudkan melalui film pendek.

Menurut Rama, sapaan akrabnya, dari ± 700 video yang dikirimkan peserta di seluruh penjuru tanah air, karyanya berhasil menjadi salah satu dari sepuluh video terbaik yang berhak melanju ke tahap final atau Awards Finalis di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, pada 28-29 Januari 2019. “…hasil penyeleksian lebih dari 700 video yang dilakukan oleh dewan juri, maka terpilih lima video terbaik di kategori remaja, dan lima video terbaik kategori umum dimana salah satunya adalah video yang saya buat,” jelasnya.

Momentum awards finalis, memutar sepuluh video terbaik di Studio 5D TMII Jakarta disaksikan jajaran pimpinan PLN dan dewan juri yang terlibat dalam proses penyeleksian PLN Video Competition 2018. Menurut Rama, proses seleksinya terbilang ketat karena juri yang dihadirkan salah satunya dari kalangan profesional, yakni Mohammad Rivai Riza atau lebih dikenal dengan nama Riri Riza, seorang penulis naskah, sutradara, sekaligus produser film ternama di Indonesia.

Ketika disinggung tentang konsep video atau film pendek yang digagasnya, Rama menjelaskan, “…saya membuat film pendek berdurasi kurang lebih lima menit mengangkat tentang seorang pencinta alam yang berpetualang ke salah satu kampung di pedalaman hutan, namun sesampainya disana ternyata kondisinya tidak seperti yang ada dalam pikirannya, karena ternyata kampung tersebut sudah teraliri listrik sehingga ia dapat mengabadikan berbagai momen indah dengan penuh kebanggaan,” jelasnya.

Rama merupakan satu-satunya perwakilan dari Unikom dan Kota Bandung yang melaju ke tahap final dan berhasil memboyong pulang tropy serta sertifikat penghargaan, tentunya hal ini memberikan rasa kebanggaan bagi Unikom khususnya maupun masyarakat Kota Bandung. Salah satu keunggulannya adalah skill penyampaian pesan dalam film pendek yang dapat menginspirasi. Tidak ingin cepat berpuas diri, Rama pun bertekad kedepannya ia akan terus belajar, berkarya, dan mengaktualisasi dirinya melalui keikutsertaannya di berbagai kompetisi. Tayangan film pendek karya Rama pun dapat dilihat di laman ini: https://youtu.be/lVtjuZlNGmE. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019