BERITA

Mahasiswa Unikom Raih Juara I Kompetisi “Line Creativate 2017”

Selasa, 28 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (IF) Unikom, Fata El Islami (Founder & Developer) bersama Reza Achmad Fauzi (Content Creator) berhasil meraih gelar Juara I Kategori ChatBot Utilitas pada kompetisi “LINE Creativate 2017”. Dibawah bimbingan salah satu dosen Prodi IF Unikom, Rangga Gelar M.Kom, Fata dan Reza menciptakan sebuah karya bot utilitas bernama ‘Islamify’ bagi para pengguna LINE Apps.

Kehadiran “Islamify” yang mulai dikembangkan pada April 2017 telah mencapai 95.000 pengguna dalam jangka waktu enam bulan. Bot tersebut menawarkan berbagai informasi dan kemudahan, agar para pengguna LINE Apps bisa mengakses fitur Islami tanpa download apps terlebih dahulu, dengan beberapa fitur yang disajikan, antara lain: 1) Cek Jadwal Sholat untuk Semua Lokasi di Indonesia; 2) Al Qur’an (Audio Ayat dan Terjemah); 3) Kajian (Audio); 4) Cari Lokasi Masjid Terdekat; 5) Cari Kiblat Berdasarkan Lokasi User; 6) Akses Hadist Shahih; 7) Kalender Hijriyah & Konversi Kalender; 8) Dzikir Counter; 9) Rekomendasi Tempat Berdasarkan Lokasi yang Dikirimkan; 10) Pengingat Jadwal Shalat; dan sebagainya.

Mengusung tema “Indonesia Unjuk Kreatif”, kompetisi “Line Creativate 2017” telah sukses digelar dengan serangkaian tur sejak Agustus 2017, bersama Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) di tujuh kota di Indonesia, yaitu Yogyakarta, Semarang, Surabaya, Bandung, Medan, Banjarmasin, dan Denpasar. Acara puncak yang digelar pada 27-29 Oktober 2017 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, memasuki tahun ketiga penyelenggaraannya dengan total peserta yang mengalami peningkatan siginfikan hingga bisa mewadahi 17.000 karya digital. Sejumlah karya tersebut, terbagi atas beberapa kategori, yaitu: 1) Kompetisi #UnjukKreasiLokalmu; 2) Kompetisi Webtoon; 3) Kompetisi Line Sticker; 4) Kompetisi Chatbot-Utilitas; dan 5) Kompetisi Chatbot-Game.

Mengenai “LINE Creativate 2017” dilansir dari today.line.me, merupakan kumpulan kompetisi digital kreatif terbesar di Indonesia dan LINE se-Asia Tenggara yang dibuat sebagai wadah para insan kreatif Indonesia untuk menuangkan ide hingga karya. Dengan jaringan internasional yang dimiliki LINE, para peserta kompetisi turut dapat membuka peluang untuk memonetasi hingga memasarkan karya mereka ke luar Indonesia.

Usai dinobatkan sebagai pemenang dalam kompetisi “LINE Creativate 2017”, Fata dan Reza pun diundang untuk mengikuti kegiatan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) di Surabaya pada 11 November 2017 lalu, yang juga dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla. Pencapaian mahasiswa Unikom pada salah satu kompetisi besar kali ini, telah menambah daftar prestasi Unikom dan membuktikan bahwa para Civitas Akademikanya memiliki atmosfer berkompetisi dengan melahirkan karya-karya kreatif dan inovatif yang diciptakannya. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019