BERITA

Mahasiswa Unikom Raih 1ST Winner Web Technologies dalam Virtual Skills Competition

Sabtu, 02 Mei 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Meski berada dalam situasi Pandemi Corona Virus Desease 2019 (COVID-19), tak menghentikan torehan prestasi yang disumbangkan oleh mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unikom Muhammad Irfan Fakhri. Melalui Virtual Skills Competition dengan tagline #CompeteFromHome yang digelar secara online pada Minggu, 19 April 2020, Irfan telah berhasil meraih 1st winner dalam bidang Web Technologies dengan tema perlombaan mengenai COVID-19.

Virtual Skills Competition atau VSC ini merupakan kompetisi yang digelar secara mendadak dengan waktu persiapan yang singkat, dimana berdasarkan tagline-nya kompetisi ini dilaksanakan di tengah wabah virus corona. Kompetisi ini pun digagas oleh tim expert skills competition dari India didukung oleh Smaltandberyl & Rencia, yang salah satu telah memenangkan medali di World Skills Compeitition 2019 Kazan Rusia. Kompetisi VSC pun diikuti oleh sebanyak 40 peserta dari 7 (tujuh) negara diantaranya Kazakhstan, Russia, India, Indonesia, Mexico, Belarus, dan Finlandia.

Diwawancarai secara daring, Muhammad Irfan Fakhri menyampaikan “Sebenarnya untuk persiapan sendiri awalnya saya dengan Tim Indonesia sejak Bulan September 2019 sedang mempersiapkan untuk Asean Skills Compeitition (ASC 2020) yang rencana akan diselenggarakan pada Bulan Juli 2020. Namun nyatanya diundur ke Bulan April 2021, maka menilai terbuka kesempatan pada kompetisi VSC, saya mencoba untuk mendaftar. Melalui prestasi ini, saya harap semoga mahasiswa lainnya dapat lebih termotivasi dan kompetitif ke depannya, dapat dimulai dari mengadakan event-event lomba dalam skala kampus atau bahkan lebih tinggi sehingga dapat secara aktif mengikuti lomba-lomba lainnya bagi peningkatan prestasi diri dan Unikom khususnya.” ujarnya.

Ferry Stephanus Suwita, S.Kom., M.T., selaku pembimbing Irfan pun menyampaikan “Meski dalam kondisi pandemi seperti ini, anak muda harus tetap berinovasi dan berkreasi, maka saya mendukung Irfan untuk mengikuti kompetisi ini, sekaligus sebagai salah satu try out dari training yang sedang dilakukan oleh Irfan. Hasil dari Virtual Skills Competition ini merukapan salah satu benchmarking untuk Irfan sebagai langkah persiapan menuju ke Asean Skills Competition. Semoga dengan pencapaian Irfan tersebut tidak mematahkan semangatnya untuk terus berjuang mengibarkan bendera putih di level Internasional, membuktikan bahwa Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain.” ungkapnya.

Lebih lanjut Ferry menuturkan “Semua mahasiswa bisa meraih prestasi atau menjadi lebih unggul ketika memiliki hard skill yang terus diasah dan didukung dengan soft skill yang baik, salah satunya memiliki kemauan yang tinggi untuk mencoba sesuatu hal yang baru dan tidak mudah menyerah. Semoga dengan adanya kompetisi ini, tidak menutup kemungkinan bagi seluruh mahasiswa dalam kondisi pandemi ini bisa tetap berkreasi dan berinovasi.” tuturnya. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020