Berita

Mahasiswa Prodi SI dan MI UNIKOM Berhasil Meraih Juara Pada Lomba Karya Tulis Ilmiah

BANDUNG, UNIKOM – Mahasiswa Program Studi Manajemen Informatika Unikom, Feisal Abdurrahman dan Muhammad Chairil Akmal yang berhasil meraih Juara 1 memenangkan lomba karya tulis ilmiah dalam kompetisi yang diselenggarakan oleh Fasilkom Science Community (FASCO) Universitas Sriwijaya, bertemakan Technology Manuscript (TeMan) 2020. Babak final yang digelar pada Sabtu, 19 September 2020 tersebut selain menggelar lomba karya tulis ilmiah, kompetisi yang dipertandingkan dalam gelaran tersebut diantaranya Lomba Debat, dan Seminar Nasional.

Melalui kompetisi tersebut menjadi kesempatan bagi keduanya untuk dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat, pada kali ini berupa aplikasi asesmen anak down syndrome, yang alhamdullillah sudah operasional pada persatuan orang tua dengan anak down syndrome (POTADS) Jawa Barat. Dibimbing oleh Syahrul Mauluddin, M.Kom., selaku Dosen Pembimbing mengungkapkan “Semoga dengan mengikuti kegiatan lomba-lomba tersebut secara tidak langsung dapat mendidik mahasiswa dalam meningkatkan hardskill dan juga softskillnya. Lomba Karya Tulis Ilmiah dapat mengasah kemampuan analisis, kerjasama tim, kemampuan komunikasi, menguatkan mental mahasiswa dan softskill lainnya.” ujarnya.

Beragam persiapan pun dilakukan guna memaksimalkan lomba tersebut diantaranya dengan dilakukan penelitian, observasi, dan wawancara untuk menentukan system requirement, hingga development program, dan dokumentasi. Feisal Abdurrahman menyampaikan “Tentunya pencapaian tersebut sangat berkesan, karena pertama kalinya mengikuti kompetisi yang mendapat pengalaman menarik. Semoga karya-karya yang telah dibuat dapat dikembangkan lebih jauh sehingga dapat memberi manfaat yang lebih besar.” tuturnya.

 Selain Feisal dan Chairil, keberhasilan pun berhasil diraih oleh Alvi Mohammad selaku Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unikom yang meraih Juara 3 Karya Tulis Ilmiah. Alvi menjelaskan bahwa tujuan mengikuti lomba tersebut ialah untuk mengembangkan potensi kami dalam menulis karya ilmiah, memperbanyak wawasan, berkompetisi, dan mengukur kemampuan kami dengan peserta lain atau mahasiswa-mahasiswa di seluruh Indonesia, terlebih perlombaan ini sudah berskala nasional.

Keberhasilan yang diraih Alvi pun tak lepas dari dukungan dan bimbingan Dosen Pembimbing Andris Sahata, M.Kom., yang telah membantu melakukan persiapan sejak awal tahun 2020. Lebih lanjut Alvi mengungkapkan “Kesan yang kami dapatkan adalah pertama kalinya mengikuti lomba yang diselenggarakan secara daring, ini menjadikan kesan unik tersendiri bagi kami. Kemudian, banyaknya masukan positif dari dewan juri terhadap karya tulis kami menjadi motivasi dan saran membangun bagi kami. Adapun terkait memperoleh juara, kami merasa bersyukur dan memotivasi kami untuk bisa lebih baik lagi pada kompetisi berikutnya. Semoga keberhasilan ini dapat menginspirasi mahasiswa Unikom yang lain dapat mengikuti dan berkompetisi di kegiatan lainnya.” jelasnya. (Direktorat Hms & Pro)