Berita

Mahasiswa Prodi DKV Unikom Raih Gelar Juara Dalam Kompetisi Art Contest Tingkat Internasional

BANDUNG, UNIKOM – Secara mendasar, kompetisi merupakan suatu media atau sarana yang dapat dimanfaatkan oleh individu atau kelompok untuk mendapatkan sebuah nilai juga hasil terkait dengan hal yang diikuti dalam kompetisi tersebut. Salah satunya kompetisi Art Contest yang biasa diselenggarakan, guna untuk mempromosikan sebuah produk ,forum, dan brand komunitas seni. Tentunya melalui kompetisi tersebut memudahkan para artist untuk memperkenalkan diri di masyarakat umum.

Hal tersebutlah yang menjadi dasar Mahasiswa angkatan 2017 Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Unikom, Christine, yang berhasil meraih Juara 1 pada kompetisi Huion “Magic” Night Art Contest kategori Illustration / Art Contest. Kompetisi internasional yang digelar oleh Shenzhen Huion Animation Technology Co. & MIMI N., tersebut diselenggarakan pada 4 April 2020 – 14 Mei 2020 dan pengumuman pada 20 Mei 2020. Didasari tema mengenai ‘Walpurgist Night’, ‘Malam Para Penyihir’ atau lebih dikenal sebagai “Halloween”, kompetisi tersebut bekerjasama dengan SUNPRO (Mimi N.).

Selanjutnya, kompetisi lainnya yang diikuti oleh Christine ialah Parblo “Home in Wonderland” Art Contest yang digelar pada 1 Mei 2020 – 25 Mei 2020 dan pengumuman pada 3 Juni 2020. Melalui pengumuman tersebut, Christine berhasil meraih Juara 2 dalam kompetisi yang digagas oleh Parblo Tech tersebut. Menurutnya, selain menambah pengalaman, keikutsertaannya dalam kompetisi tersebut dapat dimanfaatkan menjadi sebuah portfolio dan catatan penghargaan, dimana menjadi aspek dan nilai bagi seorang artist sebagai nilai tambahan untuk karyanya.

Persiapan yang dilakukannya pun cukup terstruktur dimana hal pertama yang dilakukan ialah mencari konsep gambar dengan menyesuaikan tema kompetisi. “Selain itu, referensi sangatlah diperlukan dengan membuat beragam macam konsep. Masukan seperti ide dan saran dari orang lain pun menjadi penambah referensi saya dalam  menyiapkan konsep art tersebut.” ujarnya.

Lebih lanjut Christine mengatakan bahwa di Program Studi DKV Unikom tentunya didominasi oleh mahasiswa yang memiliki bakat membuat karya desain grafis. “Namun, tidak menutup kemungkinan ada yang memiliki talenta dan bakat dalam hal ilustrasi, maka saya berharap bahwa juara tersebut dapat menjadi motivasi bagi diri saya pribadi maupun mahasiswa lainnya untuk dapat secara aktif mengikuti kompetisi baik desain grafis maupun ilustrasi.” ungkapnya. (Direktorat Hms & Pro)