Berita

Mahasiswa Prodi Akuntansi Unikom Raih Juara 3 Kompetisi Karya Ilmiah Akuntansi

BANDUNG, UNIKOM – Tanggal 19-20 Februari 2020, Program Studi Akuntansi Unikom berhasil meraih Juara 3 dalam Assertion (Accounting Scientific Writing Competition) 2020 bertajuk 'Kesiapan Akuntan di Era Disrupsi'. Kegiatan tersebut merupakan kompetisi karya ilmiah akuntansi yang baru digelar tahun ini dan digagas oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Bandung, dimana diikuti oleh mahasiswa aktif akuntansi se-Bandung, Cimahi, dan Sumedang.

Kompetisi yang dilaksanakan, terdiri dari 3 (tiga) rangkaian acara inti yaitu perlombaan Karya Tulis Ilmiah, Seminar, dan Konferensi, dimana diikuti oleh seluruh peserta yang lolos pada tahap pertama. Bagi kompetisi Karya Tulis Ilmiah, tahap awal dilakukan dengan pengiriman abstrak pada bulan Desember 2019 dan full paper pada tanggal 15 Februari 2020. Sedangkan, seminarnya dilakukan pada hari pertama kegiatan acara tanggal 19 Februari 2020, kemudian konferensi dilanjutkan pada tanggal 20 Februari 2020, yang mana dilakukan oleh 2 tim antar univesitas untuk saling menanggapi pernyataan yang diberikan oleh pihak penyelenggara.

Keberhasilan tersebut tak luput dari dukungan Ketua Program Studi Akuntansi Dr. Siti Kurnia Rahayu S.E., M.Ak. CA., dan Pembimbing Karya Tulis Ilmiah sekaligus Dosen Mata Kuliah Seminar Akuntansi Keuangan Dr. Adeh Ratna Komala, S.E., M.Si., yang telah membimbing para mahasiswa untuk dapat menghasilkan karya tulis yang sesuai, dimana melalui proses penyeleksian karya ilmiah dihasilkan tiga orang mahasiswa terpilih dengan karya tulis terbaiknya yakni 1) Risa Perona, 2) Ai Uji Siti Paujiah dan 3) Dianah Rofifah.

Melalui kompetisi tersebut, Adeh menyampaikan bahwa “Kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa karena adanya pembahasan mengenai Kesiapan Akuntan di Era Disrupsi, sehingga dapat diimplementasikan melalui karya ilmiah yang menjadi salah satu bukti kepeduliaan program studi dengan lingkungan khususnya bagi dunia akademisi, maka diharapkan mahasiswa akan terus memiliki semangat untuk menulis guna mendukung pengaplikasian pendidikan yang seutuhnya.” tutur Adeh.

Sementara itu, Sandy Faisal Hardiana selaku Mahasiswa Koordiantor Divisi Humas Mata Kuliah Seminar Akuntansi Keuangan pun berharap “Semoga dengan adanya lomba ini dapat menambah ilmu yang bermanfaat, pengalaman, relasi dan prestasi untuk kedepannya yang akan berdampak positif bagi program studi, fakultas maupun Unikom.” ujarnya. (Direktorat Hms & Pro)