BERITA

Mahasiswa Baru Unikom Resmi Dikukuhkan Melalui Sidang Terbuka Senat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unikom TA 2019/2020

Selasa, 10 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Rektor Universitas Komputer Indonesia (Unikom), Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T, resmi mengukuhkan 2.015 mahasiswa jenjang Magister, Sarjana dan Diploma yang tersebar pada 28 program studi di 7 Fakultas di Unikom pada prosesi Sidang Terbuka Senat Unikom dalam rangka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Tahun Akademik 2019/2020. Momentum yang berlangsung di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Senin (9/9/2019), bertepatan dengan peringatan Dies Natalis Unikom ke-19 yang dihadiri oleh Ketua Yayasan Science dan Teknologi, Hj. Lasmaya Olii dan jajarannya, tamu undangan dan civitas akademika Unikom.

Gelaran yang menjadi agenda rutin tahunan Unikom dalam menyambut mahasiswa baru turut menandai dimulainya kegiatan perkuliahan untuk semester ganjil Tahun Akademik 2019/2020. Tidak hanya seremoni penyambutan, kegiatan juga menyuguhkan beberapa penampilan dari sejumlah Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan pengenalan Himpunan Mahasiswa (HIMA) sehingga para mahasiswa baru semakin mengenal kampusnya dan berbagai aktivitas kemahasiswaan yang ada di lingkungan Unikom.

Rektor Unikom dalam pidatonya mengatakan, sebagai mahasiswa yang berarti mengawali sebuah kehidupan baru, harus dimulai dengan action dan kesadaran untuk menjadi mahasiswa yang paripurna. Menjadi mahasiswa paripurna berarti meningkatkan kemampuan softskill selain hardskill dan juga memberi keseimbangan antara aspek akademis dan non-akademis.

“Belajar di kampus dituntut meningkatkan kompetensi iptek, sosial dan moral. Menjadi mahasiswa adalah bagaimana membekali diri secara akademik disertai sikap mental yang baik, berinteraksi dengan lingkungan akademisi dan sosial masyarakat melalui berbagai kegiatan kemahasiswaan,” tuturnya. Guna menunjang hal tersebut, mahasiswa Unikom pun akan dibekali sejumlah mata kuliah wajib, yaitu: Software, Hardware, Animasi Multimedia, dan Entrepreneurship, sehingga mahasiswa Unikom diarahkan untuk menjadi Leader di bidang ICT di Indonesia dan melahirkan lulusan-lulusan dengan kemampuan dibidang Teknologi Informasi yang handal.

Sementara itu, Unikom sendiri telah membuka tiga gelombang pendaftaran mahasiswa baru di tahun akademik ini. Tentunya dengan sejumlah persyaratan yang harus mereka penuhi, salah satunya Ujian Saringan Masuk (USM) secara online untuk jenjang Magister, Sarjana dan Diploma. Hal ini menjadi bentuk keseriusan Unikom selama proses penyeleksian mahasiswa baru guna menjaga kualitas peguruan tinggi, sehingga tidak semata-mata mengedepankan sisi kuantitas, tetapi juga mempertahankan bahkan meningkatkan kualitasnya menuju The World Class University.

Turut membuktikan bahwa kualitas Unikom dapat dilihat dari banyaknya prestasi yang diraih dosen maupun mahasiswanya di level regional, nasional, bahkan internasional. Atas dasar itulah, guna mengapresiasi para dosen dan mahasiswa yang menjadi contoh membanggakan, Unikom pun memberikan apresiasi tersebut secara simbolis, kepada mahasiswa berprestasi serta penerima beasiswa, diantaranya: 1) Beasiswa Yayasan; 2) Beasiswa Rektor; 3) Beasiswa Mahasiswa Berprestasi BNI’46; 4) Beasiswa YPK A & A Rachmat; 5) Beasiswa BPP-PPA; 6) Beasiswa Bawaku; 7) Beasiswa Bidikmisi; 8) Penghargaan Tingkat Regional/Nasional/Internasional. Selain itu, penghargaan juga diberikan kepada dosen teladan dan berprestasi, karyawan teladan, serta penghargaan sepuluh tahun pengabdian kepada Unikom.

Penyambutan semakin meriah saat mahasiswa baru untuk pertama kalinya melihat Robot Icon Unikom secara langsung. Robot Icon yang dibuat dari tangan dingin Divisi Robotika Unikom yakni Bima, Nakula dan Sadewa, sukses menarik perhatian audiens yang hadir dalam kesempatan tersebut. Jelang berakhirnya rangkaian kegiatan PMB TA 2019/2020 dan peringatan Dies Natalis Unikom ke-19 di Sabuga Bandung, dilakukan sejumlah pengarahan kepada mahasiswa baru terkait dengan pengetahuan umum yang perlu diketahui oleh mahasiswa Unikom, yaitu etika kemahasiswaan, asuransi, visi, misi, dan tujuan, serta pengarahan dari beberapa bidang kerja di Unikom.

Memperingati 19 tahun berdirinya Unikom, kebanggaan pun semakin terasa atas keberhasilan Unikom masuk ke dalam 100 Perguruan Tinggi Terbaik Nasional 2019 oleh Kemenristekdikti. Pemeringkatan ini dilakukan melalui seleksi atas 4740 Perguruan Tinggi yang ada di Indonesia (data 8 April 2019). Bulan September 2019 ini Unikom juga masuk dalam TOP 10 Perguruan Tinggi Jawa Barat dan Banten dalam Jumlah Karya Ilmiah Internasional Terindeks Scopus, dan berbagai prestasi lainnya yang menjadikan Unikom sebagai ‘kampus para juara’. (Direktorat Hms & Pro)

Yudisum Program Studi Akuntansi Unikom: ‘Hajatan’ Mahasiswa Hingga Momentum Kebersamaan
Selasa, 17 September 2019
Program Studi Ilmu Pemerintahan Unikom Gelar Yudisium Nilai Sidang Semester Genap TA 2018/2019
Selasa, 17 September 2019
Unikom Sambut Kunjungan STMIK Bina Sarana Global Tangerang: Studi Banding Hingga Prakasai Kerja Sama
Senin, 16 September 2019