BERITA

Langkah Serius Program Studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unikom Hadapi Akreditasi

Kamis, 07 November 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM– Prinsip continuous improvement yang diterapkan Unikom saat ini tengah diupayakan dalam akreditasi program studi 4.0 dan akreditasi internasional yang berlaku bagi seluruh program studi di Unikom. Hal ini mendasari Direktur Quality Assurance Unikom, Dr. Ely Suhayati, SE. M.Si, Ak. CA, memberikan pengarahan terkait persiapan akreditasi tersebut diantaranya kepada program studi di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unikom yang berlangsung di Ruang Seminar Lantai 10 Smart Building Unikom, (3/10/2019). Pengarahan dihadiri oleh Dekan FEB Unikom, Prof. Dr. Hj. Dwi Kartini, SE.,Spec.Lic, Ketua Prodi S1 Akuntansi, Dr. Siti Kurnia Rahayu,SE.,M.Ak., CA., Ketua Prodi D3 Akuntansi, Dr. Adeh Ratna Komala, S.E.,M,Si, Ketua Prodi S1 Manajemen Dr. Lita Wulantika, S.E.,M.Si, Ketua Prodi D3 Keuangan Perbankan & Manajemen Pemasaran, Dr. Rizki Zulfikar, S.E.,M.Si.

Melalui pengarahan tersebut, Direktur Quality Assurance menjelaskan secara umum teknik pengisian Laporan Kinerja Program Studi (LKPS) dan poin penting yang harus dituangkan dalam Laporan Evaluasi Diri (LED). Selain itu disampaikan sejumlah perbedaan akreditasi, antara sebelum dan setelah Revolusi Industri 4.0. Hasil pengarahan tersebut, bahwa terdapat beberapa hal yang harus dipersiapkan mulai dari saat ini oleh lima program studi di lingkungan FEB Unikom jelang akreditasi beberapa tahun ke depan.

pengarahan tersebut, selanjutnya Dekan FEB Unikom bersama Ketua Prodi D3 Akuntansi dan S1 Manajemen Unikom bertandang ke Universitas Padjadjaran (Unpad), pada (14/11/2019). Hal ini dilakukan dalam rangka penjajakan persiapan dan keikutsertaan pada “Workshop Penyusunan LKPS & LED Akreditasi Program Studi (APS) versi 4.0 yang berlangsung pada 25-26 Oktober 2019. Kunjungan tersebut secara langsung disambut oleh bakal pemateri, Dr. Hj .Funny Mustikasari Elita, MSi (Kepala Satuan Penjamin Mutu Unpad), yang menjelaskan bahwa pengisian LKPS dan LED tidak lepas dari Rensra Universitas yang diturunkan ke Fakultas.

Lebih lanjut, mengenai LKPS dan LED dikupas tuntas dalam workshop yang diadakan di Gedung Magister Manajemen (MM) Unpad, pada 25-26 Oktober 2019. Selain dihadiri oleh Dekan FEB Unikom dan sejumlah pimpinan program studi di lingkungan FEB Unikom, turut mendampingi Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si., sehingga menambah dukungan dan semangat bagi FEB Unikom dalam mempersiapkan dan menghadapi akreditasi internasional dan akteditasi 9 standar untuk masing-masing prodi.

Lebih dari 70 peserta hadir dalam kegiatan yang diisi oleh Dr. Hj .Funny Mustikasari Elita, MSi (Kepala Satuan Penjamin Mutu Unpad) dan Prof. Dr. Ir Imas Satiasih SU (Asesor BAN PT > 15 tahun) sebagai pembicara. Salah satu poin penting yang diperhatikan bahwa setiap prodi harus memiliki kekhasannya masing-masing. Hal penting lainnya adalah universitas harus memiliki Renstra yang akan dijadikan dasar dalam pengisian LED. UPPS baik tingkat fakultas atau universitas meruapakan satu kesatuan yang harus bersinergi untuk mempersiapkan semuanya. Sehingga melalui rangkaian persiapan ini, diharapkkan dapat memberikan pencerahan dan tambahan energi dalam menyambut akreditasi revolusi industri 4.0 dan akreditasi internasional. (Direktorat Hms & Pro)

Info Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2019
Senin, 11 November 2019
Unikom Terlibat Aktif Sebagai Co-Host Parade Riset Akuntansi 4
Senin, 11 November 2019
Selamat Hari Pahlawan - 2019
Senin, 11 November 2019