BERITA

Kunjungan SMK Karya Pembangunan Pasirjambu Kabupaten Bandung ke Unikom

Senin, 02 Maret 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM  -- Sebanyak 153 siswa/I dan 28 guru pendamping SMK Karya Pembangunan Pasirjambu Kabupaten Bandung dengan Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) lakukan studi Banding ke Universitas Komputer Indonesia (Unikom) pada Kamis (27/02/2020). Penyambutan tamu dilakukan oleh Direktorat Humas dan Protokoler Unikom di Auditorium Miracle Kampus I (satu) nya.

Kunjungan merupakan upaya pihak sekolah untuk memperluas tali silaturahmi dan memberikan bekal pengetahuan bagi peserta didiknya mengenai pendidikan tinggi. Sebagimana diungkapkan oleh Kepala Sekolah, Drs. Uus Sutrisno:  “…kunjungan industri menjadi satu bentuk implementasi kurikulum SMK serta untuk menambah wawasan dan pengalaman bagi para siswa bagaimana dunia usaha, industri juga pendidikan tinggi. Beliau menyampaikan mendengarkan paparan Direktur Humas dan protokoler tadi, maka kunjungan kami ke Unikom merupakan pilihan yang tepat karena prestasi yang telah ditorehkan oleh Unikom dapat menjadi motivasi bagi para siswa untuk terus berkembang. Harapan Kepala sekolah, semoga kesempatan mereka berkunjung ke Unikom dapat dimanfaatkan sepenuhnya oleh siswa maupun guru sebagai tolak ukur pembelajaran bagi sekolah guna pengembangan lebih baik ke depannya.” demikian ungkapan Drs. Uus Sutrisno selaku Kepala Sekolah SMK Karya Pembangunan Pasirjambu Kabupaten Bandung.

Kunjungan langsung disambut oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si. Mengawali sambutannya, Desayu menyampaikan ucapan terima kasih dan menyapa Kepala Sekolah, para guru dan siswa/i dengan hangat dan bersahabat. Dalam sambutannya Desayu menceritakan bahwa Unikom mempunyai keunggulan dan ciri khas tersendiri jika dibandingkan dengan perguruan tinggi lainnya, dimana setiap mahasiswa dari seluruh program studi mempelajari mata kuliah berbasis komputer aplikasi dari semester 1 hingga 7 sesuai kebutuhan keilmuannya masing-masing. Bahkan, seiring dengan pesatnya perkembangan dunia industri animasi di Indonesia, menjadi salah satu inovasi yang dilakukan oleh Unikom untuk membekali mahasiswa dengan mata kuliah Animasi dan Multimedia, Desayu mengungkapkan:  “pada waktunya mahasiswa/i lulus, maka mahasiswa Unikom tidak hanya dibekali ijazah dan transkip nilai tetapi dilengkapi dengan sertifikat lainnya yakni, hardwaresoftware, serta entrepreneurship sebagai mata kuliah wajib. Sehingga lulusan Unikom tidak hanya fokus mencari lapangan pekerjaan, tetapi mereka juga bisa mengeksplor kreativitas dan jeli melihat peluang untuk menjadi seorang entrepreneur,” ujar Desayu. Menutup sambutannya, beliau pun mengucapkan permohonan maaf apabila terdapat pelayanan yang tidak sesuai harapan.

Memasuki agenda inti kegiatan, pemaparan materi disampaikan oleh Ketua Divisi IT Operational & Network Education Angga Friyanto, S.Kom., M.T., yang menjelaskan mengenai sistem jaringan operational server di Unikom. Selain itu, dalam kesempatan tersebut Angga menceritakan mengenai prestasi yang ditorehkan Unikom dalam ajang Worldskills Kazan Rusia 2019, dimana Unikom berhasil raih juara 2 bidang lomba IT Network System Administration. Dalam kompetisi tersebut diraih oleh Rizky Muhammad yang mana dibimbing oleh Angga Friyanto, S.Kom., M.T., sebagai experts dari Indonesia untuk bidang IT Network System.

“Kompetisi bukanlah koor pendidikan tapi sebagai evaluasi atau motivasi diri bagi siswa untuk semakin berkembang. Maka, pahamilah passion diri, paculah hal tersebut dan jangan pernah takut gagal karena kegagalan bukanlah penghambat kehidupan melainkan menjadi evaluasi untuk dapat memperbaiki celah diri agar semakin maju.” tutur Angga.

Usai pengarahan masing-masing bidang, agenda dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan cinderamata dari Unikom dan SMK Karya Pembangunan Pasirjambu Kabupaten Bandung. Dalam kegiatan tersebut, antusiasme peserta terhadap informasi tentang Unikom dan Operasional Jaringan Unikom sangat terlihat dari banyaknya peserta didik yang mengajukan pertanyaan. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang tertarik mendapatkan beasiswa agar bisa dimanfaatkannya untuk menjadi mahasiswa Unikom.

Pelaksanaan kunjungan yang dibantu oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom, diakhiri agenda tour campus mengunjungi Perpustakaan Unikom serta melihat salah satu fasilitas Unikom yakni Laboratorium Komputer di Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Lantai 7 Smart Building Unikom serta Laboratoirum Server di Lantai Lobby Smart Building Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020