BERITA

Kunjungan SMK Bina Umat Majalaya: Mengenal Dunia Pendidikan Tinggi

Kamis, 27 Desember 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Siswa/I SMK Bina Umat Majalaya dari Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) melakukan kunjungan industri ke Univeristas Komputer Indonesia (Unikom) dalam rangka menjalin kemitraan dengan dunia perguruan tinggi. Kunjungan yang berlangsung pada Selasa (18/12/2018) disambut hangat oleh Staf Direktorat Humas dan Protokoler bersama Korps Protokoler Mahsiswa (KPM) Unikom di Ruang L.018 Smart Building Unikom.

Melalui sambutan pembuka mewakili Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Arif Try Cahyadi, M.Ds, memperkenalkan gambaran kampus secara umum. Dalam pemaparannya, Arif menjelaskan berbagai pencapaian Unikom di usianya ke -18 tahun dan kepercayaan diri bahwa kampus ini akan terus maju dan berkembang terlebih seluruh mahasiswa dibekali kompetensi yang menunjang mereka ketika memasuki dunia kerja ataupun berwirausaha. “Mahasiswa Unikom dari berbagai program studi diwajibkan untuk mempelajari entrepreneurship, komputer aplikasi hardware dan software, serta animasi multimedia yang disesuaikan keilmuannya,” jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 61 siswa/I dan 12 guru pendamping yang mengikuti rangkaian kunjungan turut disambut Ketua Program Studi Sistem Komputer Unikom, Usep Mohamad Ishaq, Ph.D guna memberikan pengenalan tentang bidang kerja yang dipimpinnya. Usep menggarisbawahi beberapa informasi yang penting diketahui peserta kunjungan terutama pada perbedaan program studi di Unikom. “Seringkali mahasiswa salah dalam memilih jurusan karena tidak sesuai dengan minatnya, maka dari itu sebelum masuk dan memilih program studi di perguruan tinggi sebakinya adik-adik mencari informasi dari setiap program studi yang memang diminati,” tuturnya.

Ketiga program studi yang kerap dianggap sama atau tertukar oleh calon mahasiswa adalah Sistem Komputer, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. Sistem Komputer (S1) atau Teknik Komputer (D3) mempelajari rancangan konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer. Keilmuan ini juga kombinasi antara Teknik Elektro dengan Teknik Informatika serta menggabungkan aspek hardware dan software. Teknik Informatika lebih kepada disiplin ilmu yang menangani proses analisis, perancangan, dan implementasi software. Adapun Sistem Informasi mempelajari dasar-dasar bidang Teknik Informatika yang berkaitan dengan bidang bisnis dan manajemen.

Kunjungan kali pertama yang dilakukan ke Unikom diapresiasi positif oleh pihak sekolah bahkan PKS Hubungan Industri SMK Bina Umat Majalaya, Wawan Kurnia, S.PD.I menyampaikan ucapan terima kasih atas sambutan luar biasa yang diterimanya. “Kami sangat beruntung dapat diberikan kesempatan untuk mengunjungi kampus Unikom sehingga para siswa/I kami semakin terbuka wawasannya dan mengetahui gambaran perguruan tinggi,” ujarnya.

Mengakhiri rangkaian kunjungan, para peserta melakukan tour campus ke Perpustakaan Unikom dan sejumlah laboratorium di Lantai 7 Smart Building Unikom. Melalui kunjungan ini diharapkan memberikan manfaat dan menjadikan Unikom sebagai salah satu referensi perguruan tinggi yang diminati. (Direktorat Hms & Pro)

Unikom Sumbang 2 Medali Perunggu untuk Jawa Barat
Selasa, 15 Oktober 2019
Informasi Panduan Pembayaran melalui Virtual Account T.A 2019-2020
Selasa, 15 Oktober 2019
Informasi Jadwal Pembayaran Angsuran II Unikom Tahun Ajaran 2019/2020
Selasa, 15 Oktober 2019