BERITA

Kuliah Umum Fakultas Pascasarjana Unikom: Menilik Sosok Pemimpin di Era 4.0

Selasa, 06 Agustus 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Fakultas Pascasarjana Unikom menggelar Kuliah Umum bertajuk “Leadership for Industrial Era 4.0” di Ruang 12.019 Smart Building Unikom, Sabtu, (3/8/2019). Kuliah umum yang menjadi agenda rutin di lingkungan Pascasarjana Unikom, kali ini dikemas berbeda dengan mengikutsertakan ± 33 peserta yang merupakan mahasiswa Pascasarjana Unikom dari berbagai program studi, yakni Magister Manajemen, Magister Sistem Informasi dan Magister Desain.

Turut mendukung pelaksanaan kegiatan tersebut, hadir sejumlah pimpinan di Fakultas Pascasarjana Unikom, diantaranya Dekan Fakultas Pascasarjana, Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si, jajaran ketua program studi dan para dosen di lingkungan Pascasarjana Unikom. Membuka kegiatan tersebut, Rahma mengharapkan kegiatan ini menjadi sarana memperluas wawasan tentang sistem kepemimpinan di berbagai negara melalui materi yang disampaikan pembicara kompeten di bidangnya. “Manfaatkanlah kesempatan ini, berdiskusilah dan tanyakan jika ada hal yang ingin digali lebih lanjut,” ujar Rahma.

Memasuki agenda inti, materi tentang leadership disampaikan langsung oleh Muhammad Elvandi, Lc.MA., yang merupakan CEO Alpis Travel, CEO Cakra Visio, seorang pengajar dan konsultan Afkar Institute. Memiliki latar belakang pengalaman organisasi di berbagai negara yang diperolehnya sejak tahun 2007, menjadikan Elvandi telah menguasai cara kepemimpinan seorang pemimpin dari berbagai negara.

Terdapat empat poin penting dalam diri seorang leader (pemimpin) yang disampaikan oleh Elvandi, yakni: 1) Strategic Thinking, 2) Influencing, 3) Executing dan 4) Educating. “Keempat poin tersebut dapat menjadi acuan seorang pemimpin khususnya di era 4.0. “Berpikirlah kreatif, ciptakan hal berbeda dalam diri dan jadilah pemimpin yang dapat memotivasi serta memberikan hal positif bagi lingkungan,” ujar Elvandi.

Respon positif terhadap kegiatan ditunjukan oleh para mahasiswa yang aktif mengajukan berbagai pertanyaan. Menurut Ketua Program Studi Magister Manajemen Unikom sekaligus Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Deden Abdul Wahab Sya'roni, M.Si., kegiatan memang ditujukan untuk melatihan kepemimpinan mahasiswa. “...karena dalam sebuah organisasi pastinya dibutuhkan seorang leader yang menjadi penentu arah sebuah organisasi, maka dalam kesempatan ini kami hadirkan pembicara yang sudah berkompeten dalam bidang leadership khususnya dalam era industri 4.0,” jelas Deden. Menutup kegiatan tersebut, agenda diakhiri dengan penyerahan cindramata dan foto bersama. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019