BERITA

Kuliah Umum dan Persiapan MOA antara Unikom dengan Busan University of Foreign Studies (BUFS)

Senin, 23 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Delegasi Busan University of Foreign Studies (BUFS) Korea Selatan, Chris Choi, memberikan Kuliah Umum bertajuk ‘Cyber Policy’ kepada ± 100 mahasiswa Unikom, terdiri dari Mahasiswa Beasiswa Unggulan dan perwakilan Organisasi Kemahasiswaan Unikom, pada Jumat (20/10). Dalam kesempatan tersebut, Chris Choi yang merupakan International Exchange Team BUFS turut memperkenalkan berbagai fasilitas dan aktivitas perkuliahan di BUFS yang bisa menciptakan kenyamanan dan kemudahan bagi mahasiswa selama menjalani masa studi di BUFS.  

Seperti diungkapkan Chris Choi dalam pemaparannya, sampai saat ini BUFS memiliki total 10.000 mahasiswa, dengan 1.100 foreign students, 120 foreign faculties, dan 60 majors. Beberapa diantaranya yaitu: 1) English Language; 2) Southeast Asian Studies (Indonesian, Thai, Vietnamese, etc); 3) Korean Language and Culture; 4) Business Asministration; 5) International Marekting; 6) Chinese Lanuage; 7) Japanese Language; 8) International Trade; dan 9) Global Business (in English). Selain Chris Choi, salah satu delegasi lainnya yakni Lee Jae Kwon, Ph.D selaku President Director The Foundation of Korean Studies & Language Program (KSLP) pun menyampaikan pengarahan kepada mahasiswa Unikom tentang sepak terjang BUFS dalam menjalin kerjasama dengan banyak perguruan tinggi lintas negara.

Pelaksanaan kuliah umum yang berlangsung pada pukul 15.00 WIB di Auditorium Lantai 17 Smart Building Unikom, turut dihadiri pimpinan internal Unikom, antara lain: 1) Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si (Wakil Rektor Bidang Akademik); 2) Prof. Dr. H. Maman Kusman, S.E.,MBA (Wakil Rektor Bidang Administrasi, Kepegawaian dan Keuangan); 3) Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra (Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama); 4) Prof. Dr. Hj. Dwi Kartini, SE.,Spec.Lic (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis); 5) Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E.,M.Ak (Direktur Internasional Program dan Beasiswa Unggulan), serta para Ketua Program Studi atau yang mewakili dari Prodi Ilmu Komunikasi, Akuntansi, Manajemen, Sistem Informasi, Teknik Informatika, Teknik Komputer, dan Teknik Elektro.

Mewakili Rektor Unikom, Umi Narimawati menyampaikan bahwa program studi yang hadir dalam kesempatan tersebut diharapkan dapat mengambil momen untuk menjalin kerja sama secara khusus, terlebih Unikom sendiri sudah menandatangani MoU dengan BUFS. “Kami yakin mahasiswa Unikom memiliki minat yang tinggi untuk belajar ke Korea, terlebih sudah banyak dari mereka yang menempuh program double degree di beberapa kampus di Korea seperti Youngsan University dan Dong A University. Adanya kesempatan ini diharapkan bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk menggali ilmu dan memperluas wawasan sesuai minat dan bidangnya masing-masing,” ujar Umi dalam sambutannya.

Usai memberikan kuliah umum, para Delegasi BUFS Korea Selatan diterima secara langsung oleh Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto di ruangannya di Lantai 15 Smart Building Unikom. Prof. Jung GI Young selaku Wakil Rektor Bidang Kerjasama BUFS Korea Selatan, menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan hangat dan luar biasa yang diberikan Unikom kepada timnya dari BUFS. Selain memberikan kuliah umum, BUFS dan Unikom pun memanfaatkan kesempatan untuk mendiskusikan bentuk realisasi kerja sama terkait persiapan MoA yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa Unikom maupun mahasiswa BUFS.   

Melalui kegiatan ini diharapkan menjadi langkah konkret Unikom untuk semakin memperluas relasi dan membangun kerja sama dengan banyak perguruan tinggi di luar negeri. Sehingga Unikom mampu meningkatkan kualitasnya di berbagai bidang, yaitu akademik, mahasiswa, tenaga pengajar, riset, hingga melahirkan lulusan yang siap bersaing di dunia internasional. (Direktorat Hms & Pro)

Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019
Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019