BERITA

KSR PMI Unikom Gelar Kegiatan Donor Darah ke-45

Selasa, 30 Juli 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Korps Sukarela Palang Merah Indonesia (KSR-PMI) Unikom mengadakan kegiatan donor darah ke-45 bertajuk “Darahmu Memberikan Harapan untuk Selamatkan Jiwa”. Kegiatan yang berlangsung pada Senin (15/7/2019), diikuti sebanyak 78 calon pendonor dari kalangan mahasiswa, karyawan, hingga dosen di lingkungan Unikom.

Menurut Erlin Oktavia selaku Humas KSR PMI Unikom, dari total calon pendonor yang telah mendaftarkan diri, hanya 49 orang diantaranya yang lolos untuk mendonorkan darahnya. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, terutama dari aspek kesehatan calon pendonor.

Menjadi persyaratan awal, calon pendonor minimal berusia 17 tahun dengan berat badan diatas 48 kg. Khusus untuk wanita tidak diperkenankan yang sedang haid. Selanjutnya, jika memenuhi persyaratan awal maka calon pendonor harus melalui tahap pemeriksaan lebih lanjut, yakni pengecekan tekanan darah dan kadar hemoglobin.

Rangkaian pemeriksaan yang dilakukan sebelum mendonorkan darah bukanlah formalitas semata, mengingat darah tersebut nantinya digunakan banyak orang yang membutuhkan sehingga pendonor harus dalam kondisi sehat jasmani dan rohani. Erlin menambahkan, hal penting lainnya jika ingin lolos sebagai pendonor maka tidak disarankan untuk begadang di hari sebelumnya serta tidak memiliki riwayat penyakit hepatitis.

Guna mendukung kelancaran agenda rutin KSR PMI Unikom yang diadakan setiap tiga bulan, maka Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Bandung pun turut hadir dan membantu kesuksesan gelaran sosial ini. KSR PMI Unikom tidak hanya memberikan kesempatan kepada calon pendonor di lingkungan Unikom saja, melainkan para calon pendonor dari eksternal pun dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Harapan dari kegiatan ini, KSR PMI Unikom dapat membangkitkan keinginan para mahasiswa khususnya di Unikom untuk berpartisipasi sebagai pendonor sekaligus mewujudkan satu bentuk kepedulian yang sangat bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan. Selain berbuat baik untuk orang lain, sejatinya donor darah telah memberikan kebaikan bagi para pendonornya karena ada berbagai manfaat kesehatan yang dapat dirasakan. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Dr. Melly Maulin Purwaningwulan, S.Sos.,M.Si (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom)
Rabu, 23 Oktober 2019
Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019