BERITA

KPM Unikom: Menjadi Protokol Profesional

Kamis, 29 Maret 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Aktualisasi diri menjadi pribadi yang lebih baik dilakukan oleh Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom melalui serangkaian pelatihan guna menunjang kemampuan, kreativitas, sikap, dan perilaku yang profesional. Pelatihan di bidang master of ceremony (MC), operator, public speaking, multimedia, hingga keprotokolan, dikemas apik dalam gelaran KPM Unikom Academy #2.0 bertajuk ‘One Step Closer to Be a Professional’.

Kegiatan yang berlangsung di Ruang L.018 Smart Building Unikom, Sabtu (24/3) merupakan agenda pucak dari rangkaian pelatihan KPM Unikom Academy #2.0 yang secara resmi dibuka oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si. Dalam sambutannya, beliau mengharapkan agar KPM Unikom sebagai organisasi kemahasiswaan yang turut terlibat dan membantu pelaksanaan berbagai kegiatan universitas di tingkat regional, nasional, hingga internasional, dapat melakukan tugasnya dengan lebih profesional sekaligus menjadi bekal mereka ketika memasuki universitas masyarakat.

“…profesional bukanlah hal yang sederhana tetapi memerlukan komtimen serius, sehingga tidak cukup dengan kecerdasan secara kognisi ataupun afeksi, namun perlu diasah dari hari ke hari karena kompetisi di era globalisasi sangat serius, tidak lagi berbentuk cembung atau cekung melainkan sudah mengerucut seperti piramida, maka dari itu manfaatkan kesempatan ini untuk menggali wawasan dan semoga ilmu yang diberikan bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari khususnya dalam setiap penugasan di universitas,” ujar Desayu.

Sebagai mahasiswa terpilih yang memiliki berbagai talenta, KPM Unikom kali ini memperluas wawasannya di bidang keprotokolan dengan menghadirkan Kepala Sub Bagian Fasilitasi Tamu dan Undangan Bagian Keprotokolan Biro Hubungan Masyarakat dan Protokol Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Effi Affianti, S.S. Melalui kesempatan tersebut, Effi memaparkan materi tentang ‘Keprotokolan dalam Undang-Undang No 9 Tahun 2010 dan Prosedur Kunjungan Tamu Negara’ kepada 40 peserta yakni KPM Unikom angkatan V dan VI.

Mengacu pada aturan perundang-undangan tentang Keprotokolan, Effi menjelaskan secara terperinci mengenai tugas pokok, fungsi, hingga tata kerja keprotokolan di pemerintahan. Meliputi acara kenegaraan, acara resmi, pedoman umum tata tempat, tata upacara, dan tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan maupun kedudukannya dalam negara, pemerintahan, atau masyarakat. Tak lupa, Effi menghimbau kepada para peserta yang saat ini telah terjun langsung dalam dunia keprotokolan di Unikom untuk memanfaatkan setiap keterlibatannya di berbagai kegiatan sebagai sarana belajar untuk mengasah kemampuan diri. 

Usai pemaparan materi, KPM Unikom tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk berdiskusi secara langsung pada sesi tanya jawab, khususnya mengenai temuan-temuan mereka di lapangan terkait aturan keprotokolan. Berbekal pengalaman dan pengetahuan di dunia keprotokolan selama hampir 20 tahun, Effi mampu menjawab permasalahan tersebut bahkan mengajak beberapa dari KPM Unikom untuk melakukan simulasi penyambutan tamu kenegaraan. Melalui kesempatan tersebut, KPM Unikom diharapkan memperoleh banyak wawasan terkait keprotokolan sehingga dapat menjalankan setiap tugasnya secara lebih maksimal dan menjadi seorang protokol yang profesional. (Direktorat Hms & Pro)  

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019