Berita

KPM UNIKOM Gelar Protocol Speak Competition (Prostion 3.0)

BANDUNG, UNIKOM – Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom kembali menggelar kegiatan pamungkas yang rutin digelar setiap tahunnya yakni Gelaran Protocol Speak Competition (PROSTION). Meski tahun ini digelar secara online, gelaran PROSTION 3.0 tersebut dikemas dalam 3 (tiga) kegiatan yakni Kompetisi News Presenter, Kompetisi Radio Announcer dan Webinar Self Development, sehingga ±260 orang peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia turut serta dalam gelaran tersebut.

Mengusung tema “Speak Up Your Creations in the Golden Age” pada Sabtu, 17 Oktober 2020, webinar tersebut berhasil menghadirkan pembicara kompeten di bidang public speaking dan content creator diantaranya Jovial Da Lopez (Youtuber, Content Creator, Actor & Script Writter) dan Niddy Ambar Katresna, S.I.Kom. (Announcer Hits Unikom Radio, Alumni KPM Unikom angkatan 6 & Wakil 4 Mojang Jajaka Kota Bandung 2017). Melalui kesempatan tersebut, secara terbuka para pembicara menyampaikan materi sesuai dengan bidang keilmuan yang dimilikinya.

Secara resmi kegiatan dibuka oleh Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para pembicara yang telah berkenan memberikan waktunya untuk dapat sharing dalam webinar tersebut. “Langkah yang panitia dan peserta lakukan melalui gelaran PROSTION tersebut menunjukkan bahwa anda merupakan generasi penerus yang siap maju ke depannya dan pastinya anda merupakan calon leader karena berani mencoba. Dari kompetisi tersebut, berbicara menang dan kalah bukanlah hal utama, namun berbicara tentang percaya diri merupakan hal pendukung yang utama dalam pengembangan diri ke depannya. Mudah-mudahan satu karya yang dilakukan KPM Unikom dapat memiliki manfaat untuk Direktorat Humas dan Protokoler serta Unikom khsuusnya, serta dapat menjadi contoh bagi organsiasi mahasiswa lainnya sehingga dapat mengembangkan jalinan networking yang lebih luas lagi.” ujar Desayu.

Sementara itu, Adi Jaya Pardamean Harefa selaku Ketua Pelaksana menuturkan bahwa webinar PROSTION 3.0 tersebut mengusung tema ”Speak Up Your Creations in the Golden Age", dengan maksud dan tujuan yaitu untuk mendorong dan menumbuhkan rasa percaya diri para peserta untuk dapat menyuarakan karya mereka sesuai passion masing-masing kepada masyarakat luas melalui ranah digital yang semakin berkembang pesat. “Hal tersebut dapat menjadi motorik penggerak industri kreatif disekitarnya dan juga diharapkan dapat menjadi wadah untuk menunjukkan dan mengembangkan keterampilan peserta dalam dunia public speaking khususnya.” tuturnya.

Pendaftaran Kompetisi News Presenter dan Kompetisi Radio Announcer yang terkemas dalam Public Speaking Competition Online tersebut dibuka pada 15 September – 10 Oktober 2020. Bertepatan dengan agenda Webinar Self Development bertajuk, KPM Unikom memanfaatkan kesempatan tersebut menjadi momen pengumuman pemenang dari  Public Speaking Competition Online. Pengumuman pemenang Public Speaking Competition Online yang telah melalui penilaian seleksi oleh dewan juri kompeten di bidang komunikasi, bahasa, khususnya public speaking sebagai Master of Ceremony (MC) ataupun Announcer, yakni: 1) Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos., M.Si., CICS., (Direktur Humas dan Protokoler Unikom), 2) Dr. Melly Maulin, M.Si., (Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom), 3) Niddy Ambar Katresna, S.I.Kom., (Announcer Hits Unikom Radio), dan 4) Ale Aulia (Announcer Hits Unikom Radio, talent advisor serta owner dari @electramusic.bdg).

Setelah mendaftar dengan memanfaatkan media sosial, para peserta yang mengikuti Public Speaking Competition Online tersebut mengunggah hasil karyanya di Feed Instagram-nya masing-masing dengan men-tagged Instagram @prostion_kpmunikom. Melalui penilaian yang diberikan oleh dewan juri maka diperoleh 3 (tiga) juara dari masing-masing kompetisi. Untuk Kompetisi News Presenter diperoleh juara diantaranya Juara 1 (Rani Nur Aini – Universitas Muhammadiyah Yogyakarta), Juara 2 (Eunika Azarya Bella Naseri – Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga), dan Juara 3 (Jeffrey Hendrawan – Universitas Kristen Petra). Sementara itu, untuk Kompetisi Radio Announcer diperoleh juara yakni Juara 1 (Meilita Elaine – IAIN Kediri), Juara 2 (Topaz Filardi – Universitas Gadjah Mada), dan Juara 3 (Shafa Salsabila Akbar – IAIN Samarinda). (Direktorat Hms & Pro)