BERITA

KPM Academy 3.0: Menjadi Protokol Profesional dan Beretika

Rabu, 24 Juli 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Menjadi seorang yang profesional tanpa mengesampingkan sisi kesantunan dan etika sosial tengah diwujudkan oleh anggota Korps Protokoler Mahasiswa (KPM) Unikom bersama Finalis Putra Putri Unikom 2019. Salah satu upayanya dilakukan dengan mengadakan pelatihan bertajuk “KPM Academy 3.0: be a Professional with a Good Attitude” yang berlangsung di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Sabtu (20/7/2019).

Melalui pelatihan tersebut, Monica Romauly Weu selaku Ketua Pelaksana, berharap agar anggota KPM Unikom dan Finalis Putra Putri Unikom 2019 mampu meningkatkan kualitas diri untuk menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional dengan memperhatikan etika serta mengimplementasikan budaya organisasi Unikom. Sejalan dengan pentingnya KPM Unikom untuk melakukan pengembangan keterampilan secara dinamis dan konsisten, maka KPM Academy 3.0 menjadi gerbang awal dari proses pelatihan selanjutnya yang akan diadakan di internal KPM Unikom.

Sebanyak 60 anggota KPM Unikom dan 16 Finalis Putra Putri Unikom 2019, secara langsung memperoleh sejumlah materi yang terbagi ke dalam tiga sesi. Sejumlah pembicara kompeten di bidangnya pun hadir dan memberikan banyak wawasan serta pengalaman baru kepada para peserta, tentunya sangat bermanfaat bagi mereka yang tengah menekuni dunia keprotokolan.

Pemateri tersebut diantaranya, Direktur Humas dan Protokoler Unikom, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si yang menjelaskan tentang “Keprotokolan: Tata Cara/Upacara dalam Acara Formal dan Informal”. Selanjutnya di sesi dua, menghadirkan Guru Besar Unikom, Prof. Dr. Hj. Aelina Surya, Dra, yang memaparkan materi tentang “Etika dan Kepribadian”. Sementara di sesi ketiga sebagai penutup menghadirkan Alumni KPM Unikom dari Program Studi Ilmu Hubungan Internasional, Indra Hernawan, S.IP yang memberikan sharing wawasan terkait dunia “Public Speaking” serta pengalaman selama menjadi anggota KPM Unikom.

Selama kegiatan berlangsung, para peserta baik dari anggota KPM Unikom maupun Finalis Putra Putri Unikom 2019 sangat antusias terhadap berbagai materi yang disampaikan. Tidak sedikit dari mereka yang tertaik menggali informasi lebih banyak dari pemateri melalui sesi diskusi dan tanya jawab. Menurut Desayu, pihaknya berbangga hati karena peserta yang hadir kali ini merupakan mahasiswa terpilih yang dapat memanfaatkan peluang serta kesempatan di depan mata. “…saya bangga karena kalian memiliki peluang lebih besar untuk menjalin networking dengan jajaran pimpinan Unikom, dan kelak ketika memasuki dunia kerja saya percaya kalian mampu menunjukan satu bentuk sikap positif,” tuturnya.

Hal senada diungkapkan Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi, Ph.D, yang hadir dalam kesempatan tersebut. Menurutnya, pelatihan seperti ini menjadi sangat penting untuk dibekali kepada mahasiswa khususnya mereka yang berperan menjadi ujung tombak Unikom melalui keterlibatannya di berbagai kegiatan, mulai dari tingkat universitas, fakultas, program studi maupun organisasi kemahasiswaan.  “…ini menjadi kesempatan mahasiswa untuk upgrade skill mereka masing-masing, yang pastinya memberikan manfaat dan menjadi titik awal mereka untuk meningkatkan kualitas diri,” jelas Andrias.

Pelaksanaan KPM Academy 3.0 yang sukses terselenggara, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta seluruh panitia dalam mempersiapkan kegiatan ini. Ketua KPM Unikom, Jofan Muliawan Putra, telah mencanangkan agar pelatihan yang menjadi program kerja KPM Unikom di masa kepemimpinannya dapat dilakukan secara kontinyu sehingga sebagai seorang protokol, KPM Unikom dapat memiliki etika yang baik sebagaimana diperlukan dalam menunjang setiap penugasan untuk memberikan kinerja terbaik. (Direktorat Hms & Pro)

 

Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019
Education Trip Program Studi Ilmu Komunikasi ke Bangkok, Thailand
Jumat, 18 Oktober 2019