BERITA

Kontribusi Unikom Kurangi Angka Pengangguran di Kota Bandung

Selasa, 16 Oktober 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Unikom Career Days 2018 dengan tema “Get Your Bright Future, with Smart Career Plans” sukses digelar selama dua hari pada 10-11 Oktober 2018 di Auditorium Miracle Unikom. Kegiatan yang diselenggarakan atas inisiasi Direktorat Aset Tata Kelola dan Career Center Unikom telah memasuki pelaksanaan yang ke-8 mengingat setiap tahunnya Unikom rutin menggelar Job Fair sebanyak dua kali yakni semester ganjil dan semester genap.

Pembukaan Job Fair Unikom menghadirkan Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung Dr. Asep C Cahyadi, M.Si, Rektor Unikom Assoc. Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT., jajaran rektorat, dekanat, dan pimpinan struktural di lingkungan Unikom, serta para peserta Job Fair yakni kalangan mahasiswa dan alumni Unikom serta masyarakat umum sebagai job seeker yang ditargetkan mencapai 3.000 peserta dalam dua hari.

Melalui sambutannya, Asep menuturkan bahwa upaya Unikom ini patut diapresiasi karena telah membantu pemerintah dalam mengurangi tingkat pengganguran khususnya di Kota Bandung. Hal ini diorientasikan dalam mempersiapkan lulusan-lulusan yang produktif dan terus berkembang dalam membangun perusahaan dimana para lulusan ini bekerja. “Kegiatan ini menjadi salah satu titik pertemuan antara pencari kerja dengan para perusahaan, dimana para perusahaan bisa menilai langsung untuk mengetahui para calon pekerja sebagai inspeksi oleh perusahaan sesuai kebutuhan dan kualifikasi yang dibutuhkan,” ujarnya.

Asep menambahkan, pihaknya menghaturkan terima kasih karena Unikom telah memiliki kepedulian terhadap lulusannya secara khusus dan pencari kerja pada umumnya untuk menyalurkan kemampuan dan prestasi dalam membangun Kota Bandung yang juara dan menjadi kota andalan, baik di lingkungan perusahaan dan lingkungan pemerintahan. “Hal ini sebagai upaya menjadikan Kota Bandung menjadi kota yang sejahtera,” tegas Asep.

Sementara itu, Dr. Rahma Wahdiniwaty, M.Si selaku Direktur Aset Tata Kelola dan Career Center Unikom menyebutkan, sebanyak 28 perusahaan multinasional dan internasional dari berbagai bidang, baik dalam bidang manufacturing, jasa, arsitektur, Information Technology (IT), multimedia, keuangan, media televisi, dan bidang perusahaan lainnya hadir dalam Job Fair kali ini. Nantinya perusahaan tersebut melakukan test interview dan test terlulis secara langsung dalam dua hari. “…harapannya para lulusan khususnya alumni Unikom dalam memanfaatkan peluang yang sangat baik dalam kegiatan Job Fair sehingga mereka diserap oleh perusahaan sesuai dengan kualifikasi dari perusahan masing-masing,” tutur Rahma.

Tentunya, sinergi dan kerja sama yang telah dibangun sejumlah pihak di internal maupun eksternal Unikom untuk menyukseskan setiap gelaran Job Fair Unikom dimaknai oleh Rektor Unikom sebagai bagian dari tanggung jawab perguruan tinggi dalam membantu para lulusan Unikom untuk memperoleh pekerjaan. Upaya lainnya juga dilakukan dengan membangun sistem online untuk menginformasikan lowongan-lowongan pekerjaan kepada para alumni Unikom.

“Tahun 2018, pemerintah juga membuka lowongan PNS, Perusahaan BUMN ataupun perusahaan swasta, tentu hal itu peluang yang baik sekali bagi para lulusan Unikom untuk memilih pilihan terbaik dalam berkerja, dan pada Job Fair kali ini, harapannya para lulusan kami dapat membantu dan mengembangkan perusahaan tempat para lulusan kami bekerja,” jelas Rektor.

Mengakhiri pembukaan Job Fair kali ini, dilakukan penandatangan MoU antara Unikom dengan Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung yang dilakukan oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Bandung bersama Rektor Unikom didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset Dr. Ir. Herman S Soegoto, MBA., serta Direktur Aset Tata Kelola dan Career Center Unikom. (Direktorat Hms & Pro)

Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019
Unikom Sambut Kunjungan National University of Singapore (NUS)
Rabu, 17 Juli 2019
Informasi Eresources 2019 yang dapat Diakses Unikom
Rabu, 17 Juli 2019