BERITA

Kontribusi Program Studi Komputerisasi Akuntansi (KA) Unikom Tingkatkan Kegiatan Akademik Berbasis Internet di Lingkungan Asrama (Binsis) Bina Siswa SMA Plus Cisarua

Rabu, 11 September 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Era globalisasi yang kini identik dengan revolusi industri 4.0 telah bertransformasi terhadap mapping perekonomian di Indonesia khususnya di sektor industri. Melalui penerapan teknologi modern, sektor industri mampu mengembangkan pendayagunaan dan optimalisasi setiap aktivitas ekonomi mulai dari pengadaan modal, proses produksi, hingga layanan kepada konsumen.

Sejatinya kehadiran industri 4.0 dapat meningkatkan perekonomian negara-negara berkembang dan mendorong terwujudnya agenda-agenda pembangunannya. Namun, kekhawatiran yang kemudian muncul adanya gap yang semakin besar antara negara berkembang dengan negara maju salah satunya pada pengaplikasikan teknologi modern hingga berdampak terhadap peran tenaga kerja untuk kemajuan negaranya.

Hal itulah yang mendasari Program Studi Komputerisasi Akuntansi (KA) Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom memberikan “Pelatihan Produktivitas SDM di Era Revolusi Industri 4.0 dan Workshop CMS Ujian Mata Pelajaran Berbasis Jaringan Lokal Intranet” kepada para Guru dan Staf Pengurus di Lingkungan Asrama (Binsis) Bina Siswa SMA Plus, Jl. Cimenteng, Jambudipa, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Kegiatan yang menjadi implementasi salah satu aspek Tridharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh para dosen Prodi KA Unikom telah berlangsung pada Sabtu (31/8/2019), dengan melibatkan sejumlah panitia dari mahasiswa Prodi KA Unikom. Usai diawali pembukaan dan sambutan Ketua Prodi KA Unikom, Dr. Ony Widilestariningtyas, S.E., M.Si, Ak.,CA, selanjutnya ± 23 peserta yang merupakan gabungan dari guru dan staf Asrama (Binsis) Bina Siswa SMA Plus Cisarua, memperoleh rangkaian materi yang disampaikan para dosen Prodi KA Unikom.

Materi yang disampaikan diantaranya mengenai: 1) Pengaruh Era Revolusi Industri 4.0 Terhadap Kompetensi SDM oleh Dony Waluya Firdaus, S.E., M.Si.; 2) Produktivitas SDM di Era Revolusi Industri 4.0 oleh Supriyati, S.E., M.Si, Ak., CA; 3) Workshop Lokal Intranet dan Instalasi CMS Wordpress oleh Hery Dwi Yulianto, S.Kom.,M.T. dan Apriani Puti Purfini, S.Kom.,M.T.; dan 4) Workshop CMS Ujian Mata Pelajaran Online Berbasis Lokal Intranet oleh Rio Yunanto, S.Kom.,M.T dan Hery Dwi Yulianto, S.Kom.,M.T.

Bukan tanpa alasan, sejumlah materi yang disampaikan dalam kegiatan ini merujuk pada tantangan pengembangan kreativitas dan produktivitas sumber daya manusia di era Revolusi Industri 4.0, tak terkecuali di sektor lembaga pendidikan. Observasi awal yang dilakukan oleh Prodi KA Unikom yang dikomandoi Rio Yunanto, S.Kom., M.T. selaku Ketua Pelaksana, bahwa Asrama (Binsis) Bina Siswa SMA Plus Cisarua belum tersedia CMS yang mampu menyediakan ujian mata pelajaran berbasis komputer. Ketersediaan fasilitas internet di pun masih sangat terbatas, padahal sekolah memiliki komputer dan jaringan smartphone yang bisa sebagai  modal untuk mengakses internet.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan dan pemahamanan mengenai penggunaan internet secara bijak guna memaksimalkan dampak positif internet khususnya untuk menunjang kegiatan akademik seperti membuat ujian mata pelajaran secara online berbasis intranet dan internet, menambah pengetahuan sebagai bahan ajar dan mampu mengarahkan para siswa dalam pemanfaatan internet dengan baik dan bertanggung jawab. (Direktorat Hms & Pro)

Info Pendaftaran CPNS Kementrian Pertanian Republik Indonesia Tahun 2019
Senin, 11 November 2019
Unikom Terlibat Aktif Sebagai Co-Host Parade Riset Akuntansi 4
Senin, 11 November 2019
Selamat Hari Pahlawan - 2019
Senin, 11 November 2019