BERITA

Kontribusi Nyata Ikatan Alumni Teknik Komputer Unikom bagi Calon Wisudawan

Senin, 26 Maret 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Ikatan Alumni (IA) Teknik Komputer Unikom bersinergi dengan Program Studi Teknik Komputer dan Himpunan Mahasiswa Teknik Komputer Unikom mengadakan ‘Computer Engineering Expo 2018’ dengan mengusung tema ‘Create Your Own Future’. Kegiatan selama dua hari yang berlangsung pada 13-14 Maret 2018 secara resmi dibuka oleh Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer (FTIK) Unikom, Dr. Ir. Herman S Soegoto, yang diisi dengan serangkaian agenda menarik dan tentunya bermanfaat yaitu pameran, seminar, workshop, dan temu alumni.

Menurut Agus Mulyana, S.Kom.,M.T selaku Ketua IA Teknik Komputer juga Ketua Divisi ERG Unikom, bahwa kegiatan ini merupakan kolaborasi kali pertama yang digagas IA Teknik Komputer yang pada pelaksanaannya bekerja sama dengan Hima Tekkom karena berkenaan dengan kegiatan kemahasiswaan serta mendapat dukungan penuh dari Prodi Teknik Komputer Unikom. Tujuannya untuk memfasilitasi calon wisudawan yang hendak menjadi calon alumni untuk bersilaturahim dengan para alumninya, serta mengenalkan kepada mereka tiga pilihan yang dihadapi setelah lulus kuliah, diantaranya bekerja secara profesional, melanjutkan studi, atau berwirausaha. Hal senada juga diungkapkan oleh Yudhistira selaku Ketua Hima Tekkom Unikom bahwa kegiatan ini dapat membekali pengetahuan keterampilan teknologi bagi calon alumni sesuai kebutuhan dunia kerja, sehingga menunjang wawasan calon alumni sebelum memasuki dunia kerja.

Mengenai ‘Computer Engineering Expo 2018’, agenda pertama yang digelar adalah pameran hasil karya tugas akhir mahasiswa di Lobby Lantai 7 Smart Building Unikom. Dari total 38 karya calon wisudawan, terseleksi 13 karya terpilih yang dipajang dalam pameran tersebut. “…walaupun tidak seluruh karya mahasiswa bisa dipamerkan, tetapi kami cetak poster seluruh peserta tugas akhir untuk dipajang, karena beberapa riset-riset dari divisi atau laboratorium juga turut diperkenalkan dalam pameran tersebut,” tambah Agus. Tidak hanya diperkenalkan kepada Civitas Akademika Unikom, pameran tersebut juga dikunjungi oleh siswa/I dari beberapa SMK di Wilayah Jawa Barat.

Selain pameran, kegiatan juga diisi agenda seminar dengan materi ‘The Way to Continue Study in Abroad’ oleh Irfan Dwiguna Sumitra, S.Kom.,PhD (Dosen Pascasarjana Unikom) dan materi ‘How to Get a Job as a Software Engineer’ oleh Andry Lubis, S.Kom (Sr. Digital Technology Developer Good Indonesian Food). Adapun workshop tentang ‘Developing Ops-Friendly Microservices with Docker’ disampaikan oleh Andi Sugandi, S.Kom (President openSUSE Indonesia). “…kami berharap ini menjadi bekal persiapan calon wisudawan agar mereka semakin siap menghadapi kehidupan pasca lulus kuliah, dimana kami pun mencoba menggali saran dan masukan positif untuk perbaikan prodi sehingga terbangun sinergi antara ikatan alumni dengan Prodi Teknik Komputer Unikom,” tambah Agus.

Kegiatan yang menurut rencananya akan digelar rutin setiap dua kali dalam satu tahun, disambut positif oleh pihak prodi. Menurut Dr. Wendi Zarman, M.Si selaku Ketua Prodi Teknik Komputer Unikom, mengharapkan agar ‘Computer Engineering Expo 2018’ menjadi langkah awal yang baik agar karya-karya mahasiswa di Prodi Teknik Komputer semakin dikenal oleh para dosen secara khusus dan Civitas Akademika Unikom pada umumnya, serta menambah motivasi mahasiswa lainnya untuk menciptakan karya yang lebih inovatif dan bisa dikembangkan di kemudian hari.  

Menggandeng sejumlah pihak yang turut mendukung kegiatan ini yakni Bank BNI, Niaga Elektronik, Tribun Jabar, Koding Indonesia, Pikiran Rakyat, Digiware, dan CNN Indonesia, ‘Computer Engineering Expo 2018’ telah sukses terselenggara. Terlepas dari kesuksesan tersebut, Agus mengharapkan agar semangat mahasiswa tidak terhenti sampai kegiatan ini saja. “…skripsi hanya salah satu syarat untuk mencapai kelulusan, tetapi setelah ini semangat inovasi, semangat solusi dan semangat kontribusi yang tidak boleh hilang dan harus terus diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari baik dalam bekerja, melanjutkan studi, atau berwirausaha,” pungkas Agus.

Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019
Unikom Gelar Pengarahan Penerimaan Beasiswa Tahun 2019
Sabtu, 19 Oktober 2019