BERITA

Kontribusi BEM dan Hipma Unikom dalam Membangun Jiwa Entrepreneur di Kalangan Mahasiswa

Sabtu, 25 November 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unikom berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Muda Mahasiswa (HIPMA) Unikom menggelar Seminar Nasional Kewirausahaan bertemakan “Pentingnya Membangun Jiwa Entrepreneur dalam Meningkatkan Kreativitas dan Inovasi”. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (18/11) pukul 09.30 WIB di Auditorium Miracle Unikom, merupakan ajang bagi mahasiswa Unikom secara khusus dan masyarakat pada umumnya untuk lebih menyelami dunia kewirausahaan yang sejatinya dapat memberikan beragam manfaat dan keuntungan.

“Kesempatan ini menjadi penting karena banyak sekali hal yang bisa di diskusikan, sebagai bekal para peserta khususnya mahasiswa tentang dunia kewirausahaan. Bagaimana merintis sebuah bisnis hingga mengembangkannya,” ujar Nuni Melian selaku Wakil Ketua Pelaksana dalam sambutannya. Hal senada diungkapkan oleh Ali Maulana sebagai Ketua HIPMA Unikom Periode 2016/2017, bahwa total populsi wirausahawan di Indonesia masih tergolong rendah sehingga HIPMA Unikom pun berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi Indonesia dalam meningkatkan angka entrepreneur di Indonesia, salah satu upayanya melalui kegiatan ini.

Pelaksanaan seminar nasional yang diikuti ± 250 peserta dari mahasiswa Unikom dan umum, secara resmi dibuka oleh Agus Riyanto, M.T selaku Kepala Biro Administrasi Umum juga sebagai Dosen Kewirausahaan Unikom. Mewakili Rektor dan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Unikom, Agus menyampaikan apresiasinya atas kegiatan ini karena sejalan dengan program Unikom yang mewajibkan mata kuliah kewirausahaan bagi seluruh mahasiswanya.

“Unikom telah mewajibkan mata kuliah kewirausahaan sejak tahun 2009 yang diberikan kepada mahasiswa dari beberapa program studi. Tepat di tahun 2010, kewirausahaan pun resmi menjadi mata kuliah wajib di Unikom disamping software dan hardware, dimana Rektor Unikom pun turut terlibat di dalamnya,” jelas Agus. Bahkan, sesuai dengan tema yang diusung, kreativitas dan inovasi pun menjadi bagian dari kata kunci dunia kewirausahaan. Kreativitas pada diri setiap individu, penting untuk dimunculkan guna membangun sebuah image yang memiliki keunikan serta lain dari pada yang lain.

Kegiatan tersebut turut dihadiri, Bobi Kurniawan, ST., M .Kom selaku Dirketur Aplikasi Pengembangan Pelatihan dan Service Centre (AP2SC) juga Dosen Pembina Kemahasiswaan HIPMA Unikom. Memasuki kegiatan inti, para peserta disuguhi materi-materi menarik dan membangun motivasi yang disampaikan oleh para pakar di bidangnya, yaitu Novi Setia Nurviat (Penerima ASEAN Youth Award 2017 & Owner Inovindo Group) dan Ahmad Bahtiyar Sebayang, SE. (Ikatan Senat Mahasiswa Ekonomi Indonesia). Dipandu oleh Winda Liestiani Putri sebagai moderator, seminar berlangusung meriah karena banyaknya antusiasme positif dari para peserta yang semakin tertarik menyelami dunia kewirausahaan.

Penyerahan plakat dan sesi foto bersama guna dokumentasi, menjadi agenda terkahir dalam kegiatan yang mampu menarik animo mahasiswa. Sehingga, adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan memberikan inspirasi kepada para peserta terkait dunia kewirausahaan. Bagaimana menjadi seorang pengusaha yang mampu bereksplorasi diluar zona nyaman serta memiliki pemikiran out of the box. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019