BERITA

Kolaborasi Unikom dan Tina Interx Incorporation Jepang: Perluas Relasi Mahasiswa Lintas Negara

Selasa, 29 Oktober 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM– Usai dilakukan pertemuan dalam rangka penjajakan kerja sama pada 29 Juli 2019 lalu, akhirnya Universitas Komputer Indonesia (Unikom) resmi bersinergi dengan Tina InterX Incorporation Jepang melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Grand Meeting Lantai 15 Smart Building Unikom, Jumat (25/10/2019). Proses penandatanganan sebagai legalitas kerja sama tersebut, dilakukan oleh Rektor Unikom, Assoc Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, M.T bersama Chief Executive Officer of Tina InterX Incorporation juga sebagai Miss Heritage Global 2015, Mrs. Nanami Chinatsu Tsuyama.

Kerja sama lintas negara ini mengacu pada program “Proud Story” yang mengusung tema ‘Making Friends Around The World’, yakni kegiatan pengembangan masyarakat untuk menyatukan para peserta dari berbagai negara khususnya generasi muda di Jepang dan Indonesia. Sehingga para peserta dapat mengambil bagian sebagai pemersatu bangsa dengan berbagi pengalaman dari keanekaragaman budaya antar kedua negara dan tentunya hal ini akan meningkatkan kebanggaan mereka terhadap negaranya sendiri.

Rencananya “Proud Story” akan dilaksanakan pada Maret 2020 mendatang di Kota Bandung, dimana Unikom berkesempatan untuk mendelegasikan 10-20 mahasiswa dari berbagai program studi sebagai wakil Indonesia yang akan mengikuti program tersebut bersama beberapa volunteer. Selama ± 10 hari, mahasiswa Unikom dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jepang akan terlibat pada kegiatan bersama yang berkaitan dengan budaya, pelatihan teambuilding kompetisi tim multi-background, melakukan pembahasan isu-isu internasional yang nantinya dipresentasikan, hingga terbukanya peluang kerja dari beberapa perusahaan yang menjadi sponsor kegiatan ini.

Menimbang program ini melibatkan sejumlah bidang kerja di Unikom, turut hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., MA., Direktur Internasional Program dan Kerjasama, Dr. Inta Budi Setya Nusa, S.E.,M.Ak, Direktur Humas dan Protokoler, Dr. Desayu Eka Surya, S.Sos.,M.Si, Ketua Program Studi Sastra Jepang, Fenny Febrianty,S.S, M.Pd, Ketua Program Studi Sastra Inggris, Dr. Retno Purwani Sari, M.Hum, dan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional yang diwakili oleh Sylvia Octa Putri, S.IP.,M.I.Pol.

Selain menggandeng Unikom, kerja sama program “Proud Story” juga berkolaborasi dengan Shopia University (Tokyo) dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung. Unikom sendiri menyambut baik kerja sama ini karena dinilai dapat memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa khususnya yang terlibat dalam program “Proud Story”, selain memperluas relasi antar negara, menambah keterampilan dan wawasan, membuka peluang bekerja, serta menjadi bagian untuk berkontribusi memperkenalkan budaya Indonesia ke mancanegara. (Direktorat Hms & Pro)

Memperingati Dies Natalis UNIKOM Ke-20 | Viral Kampus | Eddutainment Official
Sabtu, 08 Agustus 2020
Direktur Humas dan Protokoler Unikom Menjadi Pemateri Training Teknis dan Sertifikasi LSP Universitas Bina Darma Palembang
Sabtu, 08 Agustus 2020
Selamat Dies Natalis Unikom Ke-20
Sabtu, 08 Agustus 2020