BERITA

Kemenristekdikti Gelar Sosialisasi Publikasi Ilmiah di Unikom

Rabu, 02 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Universitas Komputer Indonesia (Unikom) menjadi tuan rumah penyelenggaraan “Sosialisasi Publikasi Ilmiah Tahun 2017” yang digalakan oleh Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). Sosialisasi yang diikuti perwakilan dosen dari 25 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di wilayah Bandung, digelar dalam rangka peningkatan pemahaman tentang publikasi ilmiah di lingkungan perguruan tinggi serta implementasi pedoman publikasi ilmiah.

Seperti diungkapkan oleh Bapak Aldi Haryadi, pewakilan Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti, bahwa dalam publikasi internasional beberapa negara ASEAN pada tahun 2014-2016, Indonesia menempati peringkat keempat dengan grafik peningkatan setiap tahunnya. “Data terbaru pada Juli 2017, Indonesia berhasil mengungguli Thailand dan berada pada posisi ketiga. Hal ini tentunya menjadi motivasi untuk terus meningkatkan publikasi ilmiah di lingkungan perguruan tinggi di Indonesia,” tutur Aldi dalam sambutannya.

Sosialisasi yang digelar pada Selasa (25/7) pukul 09.30 WIB di Ruang Serbaguna Lantai 15 Smart Building Unikom secara resmi dibuka oleh Rektor Unikom, Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto. Dalam sambutannya, beliau mengapresiasi kegiatan ini karena sebuah kesempatan berharga bagi kalangan akademisi di perguruan tinggi. “Seperti yang kita ketahui, telah menjadi tanggung jawab dosen untuk melakukan publikasi ilmiah sehingga kita harus manfaatkan kesempatan ini untuk mengetahui hal-hal yang krusial dan mampu memberikan pencerahan khususnya bekal bagi diri sendiri dan umumnya untuk rekan-rekan dosen lainnya,” tutur Rektor.

Menutup sambutannya, Rektor Unikom berharap agar Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual Kemenristekdikti bisa bekerja sama dengan Kopertis Wilayah IV untuk mengadakan kegiatan serupa dengan mengundang lebih banyak PTS yang ada di Kopertis Wilayah IV. Dalam sosialisasi tersebut turut hadir, Wakil Rektor Bidang Akademik Unikom, Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., SE., M.Si, Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Unikom, Dr. Lia Warlina, M.Si., Ir, Direktur Quality Assurance Unikom, Dr. Ely Suhayati, SE., M.Si., Ak., CA, Ketua Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si, serta perwakilan dosen dari masing-masing program studi di Unikom.

Berkenaan sosialisasi kali ini, Aldi menuturkan bahwa pihaknya berupaya memfasilitasi para dosen khususnya di 25 PTS wilayah Bandung untuk memperoleh pengetahuan tentang publikasi, melalui pemaparan materi yang disampaikan oleh 4 narasumber dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII) LIPI, dan Institut Pertanian Bogor (IPB), antara lain: 1) Bapak Lukman (Publikasi Jurnal Ilmiah dan Akses E-Resources Kemenristekdikti); 2) Ibu Suminar S Achmadi (Publikasi Buku dan Konferensi); 3) Bapak Wasmen Manalu (Etika Publikasi Ilmiah); dan 4) Bapak Deden Sumirat Hidayat (Perangkat dalam Pengelolaan Publikasi).

Lain pihak, pemerintah pun telah memberikan dukungan terhadap publikasi ilmiah diantaranya melalui: 1) Surat Edaran: 152/E/T/2012 tentang Kewajiban Publikasi Ilmiah bagi S1, S2, S3; 2) UU No 14/2005 tentang Guru dan Dosen, Profesor memiliki kewajiban khusus menulis buku dan karya tulis ilmiah serta menyebarluaskan gagasannya untuk mencerahkan masyarakat; dan 3) Permenristekdikti No 20/2017 tentang Pemberian Tunjangan Profesi Dosen dan Tunjangan Kehormatan Profesor.

Banyaknya dukungan dari berbagai pihak sebagai upaya peningkatan publikasi ilmiah diharapkan bisa memberikan kesadaran para dosen akan pentingnya melakukan kajian, penelitian serta menulis karya ilmiah. Karena manfaat publikasi bagi dosen selain meningkatkan peringkat perguruan tinggi atau institusi, juga dapat mengembangkan hasil riset tersebut sebagai materi pengajaran yang update dan dikembangkan sesuai perkembangan keilmuannya. (Direktorat Hms & Pro)

 

Program Kerja, Bahasan Utama Rapat Koordinasi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Senin, 12 November 2018
Pembagian Ruangan UTS Kewirausahaan Semester Ganjil TA. 2018-2019
Senin, 12 November 2018
KPM Unikom: Jangan Takut Bicara!
Sabtu, 10 November 2018