BERITA

Kajian Online Prodi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Ramadhan Bulan Al-Qur’an

Rabu, 20 Mei 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Melengkapi keistimewaan Bulan Ramadan dimana merupakan bulan yang mulia, umat muslim harus senantiasa melakukan kebaikan karena setiap amal perbuatan akan dilipatgandakan nilainya. Selain itu, Bulan Ramadan merupakan bulan diturunkannya Kitab Suci Al-Qur’an, terlebih dalam situasi pandemi COVID-19 ini kita selaku umat muslim harus senantiasa memaksimalkan ibadah meski hanya di rumah saja.

Mendukung hal tersebut, Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom menggelar Kajian Online bertajuk “Ramadhan Bulan Al-Quran” pada Sabtu (16/05/2020). Secara resmi kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unikom Prof. Dr. Samugyo Ibnu Redjo, Drs., M.A., yang menyampaikan apresiasinya kepada Prodi Ilmu Hubungan Internasional yang telah menggagas kegiatan tersebut. “Semoga nilai-nilai yang disampaikan dalam kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan kita sehari-hari.” ucapnya.

Selanjutnya, Ketua Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom, Dr. Dewi Tri Wahyuni, S.IP., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta yang telah mengikuti acara tersebut meski hanya diselenggarakan secara online. “Semoga kegiatan ini bermanfaat dan dapat memperluas wawasan serta pemahaman kita semua khususnya mengenai Ramadan bulannya Al-Qur’an.” ujarnya.

Sebanyak ±53 orang peserta mengikuti kegiatan tersebut, selain mahasiswa dan alumni Prodi IHI Unikom, para pimpinan di lingkungan Unikom pun turut aktif mengikuti kegiatan diantaranya Wakil Rektor II Bidang Administrasi, Keuangan dan Kepegawaian Prof. Dr. H. Maman Kusman, S.E., MBA., Dewan Kehormatan Etika Unikom Prof. Dr. Hj. Ria Ratna Ariawati, S.E., MS. Ak., Direktur Kemahasiswaan Andrias Darmayadi, S.IP., M.Si., Ph.D., Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si., Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Dr. Rismawaty, S.Sos., M.Si., dan Sekretaris Program Studi Ilmu Komunikasi Olih Solihin, M.I.Kom.

Memasuki agenda inti, kajian tersebut disampaikan oleh pemaparan materi dari Ustadz Budi Mulyana, S.IP., M.Si., selaku Dosen Prodi IHI Unikom. Dalam kesempatan tersebut, Budi menyampaikan bahwa Bulan Ramadan adalah bulan yang mulia, penuh keberkahan dan keisitimewaan serta dipilih menjadi satu-satunya bulan yang disebut dalam Al-Qur’an dimana bulan yang dilebihkan dengan Lailatul Qadr.

Lebih lanjut, Budi menjelaskan fungsi Al-Qur’an ialah sebagai petunjuk bagi orang-orang yang bertaqwa. “Maka, jadikanlah Al-Qur’an sebagai petunjuk dan standar dalam hidup kita. Menjadi orang yang bertaqwa ialah salah satunya dengan melakukan ibadah puasa. Orang yang berpuasa akan berhasil kalau mengikuti derajat taqwa yang mana segala petunjuknya telah tertuang dalam Al-Qur’an.” jelasnya. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020