Berita

Kajian Online “Ma’Rifatul Islam” LDK UMMI UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Allah SWT menjadikan Islam sebagai jalan kehidupan bagi kaum muslimin, tentunya Allah SWT sudah mengetahui akan berbagai hal yang akan dihadapi oleh manusia itu sendiri. Sebagai Muslim yang mempercayai seluruhnya bahwa agama Islam itu agama yang benar, sehingga sebagai muslim penting sekali mengenal agama Islam secara mendalam dan menyeluruh. Bertolak dari hal tersebut, UKM LDK Ummi Unikom menggelar kajian online bertajuk “Ma’rifatul Islam” pada Sabtu, 14 November 2020 pukul 13.00 – 14.30 WIB.

Diikuti oleh sebanyak 70 peserta via zoom meeting dan 160 orang yang menonton secara Live di Streaming YouTube, kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai Agama Islam dan sebagai ajang rekrutmen anggota UKM LDK Ummi Unikom. Melalui kesempatan tersebut, menghadirkan Ust. Eri Taufik yang memaparkan materi terkait tema yang diangkat, diantaranya: 1) Definisi Al-Islam, 2) Karakter Al-Islam, 3) Keistimewaan Al-Islam, 4) Islam Mabda, 5) Islam Rahmatan Lil A’lamin, dan 6) Nuqlah Nauiyyah.

Lebih lanjut, Ust. Eri Taufik menjelaskan tentang Karakteristik Pemikiran Islam yang mempunyai beberapa ciri khas, antara lain: bersifat komprehensif (syumuliyah), luas, praktis (amally), dan manusiawi. “Keberadaan dan perkembangan ilmu-ilmu Islam dimulai sejak kerasulan Nabi Muhammad SAW. Pusaran ilmu itu ialah al Qur’an dan sunnah atau hadist yang kemudian melahirkan berbagai cabang ilmu. Situasi ini didukung oleh perkembangan bahasa Arab yang telah digunakan jauh sebelum masa kerasulan Nabi Muhammad SAW, sehingga posisi bahasa Arab mengambil peran penting bagi perkembangan ilmu Islam selanjutnya. Kondisi seperti ini disebabkan oleh sumber ilmu Islam yang menggunakan bahasa Arab sebagai medium komunikasi ke wilayah publik.” ujarnya.

Rizwan Maulana selaku Ketua UKM LDK Ummi Unikom menyampaikan harapannya "Saya harap dari kajian tersebut mahasiswa atau peserta yang ikut serta dapat mengambil pelajaran dari materi yang disampaikan dan juga mempraktekkannya agar bisa menjadi seorang muslim yang sejati." ungkapnya. (Direktorat Hms & Pro)