BERITA

Incitest 2018: Lahirkan Publikasi Ilmiah Bereputasi

Kamis, 17 Mei 2018 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Seminar internasional bertajuk International Conference on Informatics, Engineering, Science and Technology (INCITEST) yang diinisiasi oleh Tim Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom telah sukses terselenggara. Memilih venue di Hotel Grand Tjokro Bandung, seminar yang berlangsung pada Rabu (9/5) tersebut diikuti lebih dari 200 peserta dari kalangan akademisi baik dalam negeri maupun lintas negara.

Seperti diungkapkan oleh Dr. Ir. Lia Warlina, M.Si, dalam sambutannya mewakili Organizing Committee INCITEST, bahwa seminar internasional ini merupakan wadah bagi para peneliti di lingkungan teknik dan telah menarik antusiasme para akademisi untuk berprtisipasi di dalamnya. Lia pun meyakini, karya ilmiah yang diikutsertakan dalam INCITEST ini telah melalui proses review oleh para reviewer berkompeten di bidangnya baik dari dalam maupun luar negeri sehingga diharapkan bisa menghasilkan karya ilmiah berkualitas.

Kegiatan yang secara resmi dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset sekaligus Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Unikom, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, merupakan pelaksanaan kali pertama yang digelar tahun ini, menaungi para dosen di lingkungan teknik berdasarkan empat fokus yang ditawarkan dengan berbagai jenis sub fokusnya. Melalui kesempatan tersebut, hadir sejumlah pembicara kompeten yang menjadi keynote speaker pada seminar internasional guna memberikan ilmu dan pengalamannya, yakni: 1) Prof. Dr. Hiroyuki Iida (Jepang); 2) Prof. Weichih Hu, Ph.D (Taiwan); 3) Dr. Phil Michael Grosh (Germany); dan 4) Dr. Yeffry Handoko Putra (Indonesia). Selain memberikan materi dan berdiskusi dengan para peserta, keynote speaker tersebut juga berkesempatan mengunjungi kampus Unikom dan melakukan tour campus ke beberapa sudut ruangan di Smart Building Unikom yang dipandu oleh panitia dan Tim Protokoler Unikom.

Usai pemaparan materi para keynote speakers, agenda INCITEST berlanjut pada parallel session yang terbagi menjadi 2 sesi dan berlangsung di 5 meeting room. Sementara itu dikarenakan jumlah paper yang akan dipresentasikan berjumlah 227 paper, maka sebelum acara pembukaan dipagi hari, sebagian peserta melakukan kegiatan  paralell sesion sebanyak 1 sesi di 4 meeting room. Kesempatan tersebut merupakan ajang bagi para peserta untuk mempresentasikan karya ilmiah di hadapan para peserta lainnya. Kegiatan paralell sesion ini dipandu oleh moderator dari kalangan akademisi Unikom sesuai dengan fokus setiap ruangan.

Menurut Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP.,M.Si selaku Ketua Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom, INCITEST yang diadakan Unikom merupakan salah satu media untuk mempublikasikan hasil penelitian para dosen, khususnya di lingkungan Unikom dan secara umum para dosen dan kalangan akademisi lainnya di dalam dan luar negeri. “Melalui INCITEST, juga akan memberikan manfaat dalam hal meningkatkan peringkat publikasi ilmiah bereputasi di Indonesia,” ujarnya.

Selain itu, Unikom pun patut berbangga hati karena melalui kerja sama dan kerja keras Tim Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom serta dukungan pihak kampus dan Civitas Akademika terkait, maka INCITEST yang digadang menjadi agenda rutin tahunan Unikom berhasil menggandeng salah satu publisher bergengsi di dunia yang terindeks scopus dan berbasis di Bristol Inggris yaitu IOP. Sehingga output dari kegiatan ini adalah proceeding terindeks scopus yang memiliki reputasi sangat bagus.

Apresiasi positif datang dari berbagai pihak salah satunya Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto Soegoto, karena menurutnya keikutsertaan para dosen dalam seminar internasional mampu mendatangkan banyak manfaat positif terlebih perubahan teknologi yang demikian pesat, menuntut institusi pendidikan tinggi untuk beradaptasi dengan perkembangan tersebut, termasuk SDM di dalamnya.

“…selain mempercepat peningkatan jabatan fungsional bagi dosen, kami pun ingin menjadikan Unikom sebagai perguruan tinggi yang memiliki akselerasi tinggi terkait seminar internasional sehingga grade Unikom berada di level nasional dan bisa cepat melesat tinggi,” ucapnya. Tidak hanya memberikan dukungan bersifat moril, Rektor Unikom pun memfasilitasi para dosen di lingkungan teknik Unikom yang mengikuti INCITEST dengan tidak membebankan biaya seminar atau gratis, asalkan para dosen tersebut mampu menghasilkan tulisan yang berkualitas dan lolos terindeks scopus tentunya tidak terindikasi plagiarisme.

Setelah pelaksanaan INCITEST ini, Tim akan bekerja lagi ke proses selanjutnya, yaitu betul-betul memastikan paper semuanya sesuai standar publisher, dan mengirimkannya semua paper yang masuk ke INCITEST ke publisher IOP. “Tim INCITEST berharap semua paper yang telah kita jaga kualitasnya akan lolos di publisher tersebut dan terpublish dalam waktu cepat,” tambah Poni.

Selain itu, Tim Divisi Jurnal dan Publikasi Unikom pun kembali mempersiapkan diri untuk meramu dan mematangkan konsep terkait penyelenggaraan International Conference on Business, Economics, Social Sciences and Humanities (ICOBEST) yang ditujukan bagi akademisi di lingkungan non teknik. Melalui kegiatan seperti ini, diharapkan semakin meningkatkan kualitas Unikom dari berbagai lini dan menambah kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019