BERITA

HIMA Teknik Informatika Unikom Kenalkan Sistem Keamanan Data Melalui Seminar Teknologi Cloud Computing

Senin, 06 Januari 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Bertempat di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Himpunan Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika menyelenggarakan Seminar Teknologi Cloud Computing bertajuk “Mengulas Sistem Keamanan Cloud Computing Sebagai Pusat Pengelola Data di Masa Depan pada Sabtu (04/01/2020). Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya, kali ini bekerja sama dengan Hima Prodi Teknik Elektro, Hima Prodi Sistem Informasi dan Hima Prodi Teknik Industri sebagai pihak internal, serta Codepolitan, OpenBSD, Backbox indonesia, dan Dracos sebagai pihak eksternal Unikom.

Ketua Program Studi Teknik Informatika Nelly Indriani Widiastuti, S.Si., MT., dalam sambutan pembukanya menyampaikan “Kesempatan ini membahas tentang sistem keamanan cloud computing dimana di era saat ini, layanan cloud computing atau komputasi awan sedang menjadi tren dalam dunia teknologi, banyak sekali  perusahaan – perusahaan besar mulai  tertarik untuk mengadopsi Cloud Computing. Melalui kedua narasumber, mudah-mudahan para mahasiswa yang hadir hari ini dapat memanfaatkan ilmu dan pengetahuan yang didapatkan sehingga ke depannya akan terpacu untuk mencari tahu lebih tentang hal tersebut.” ujar Nelly.

Memasuki agenda inti yakni pemaparan materi oleh kedua narasumber Ir. Budi Rahardjo, M.Sc., Ph.D., dan Boni W yang menyampaikan Sistem Keamanan Cloud Computing dimana berdasarkan penelitian Kaspersky menemukan bahwa sebanyak 19,4% perusahaan di negara ini telah mulai menggunakan layanan cloud publik, dan sebanyak 32,1% perusahaan berencana untuk mengadopsi jenis layanan cloud pada masa yang akan datang.

Perusahaan-perusahaan tertarik dengan Cloud Computing, karena Cloud Computing mempunyai banyak manfaat seperti biaya yang lebih murah, kecepatan, dan produktivitas serta membentuk budaya kerja yang sesuai dengan kebutuhan digital untuk Era 5G mendatang. Cloud Computing juga mampu memberi kebebasan bagi penggunanya untuk dapat memakai layanan sesuai kebutuhan masing-masing dan membayar sesuai dengan pemakaian yang ada, tanpa menghabiskan sumber daya internal Namun, dibalik manfaat yang diberikan masih banyak perusahaan atau orang yang masih tidak yakin apakah data mereka terlindungi dengan baik dari insiden keamanan dan serangan siber (cyber attack).

Hadirnya seminar ini diharapkan dapat membantu mahasiswa atau masyarakat untuk paham bagaimanan Keamanan Siber pada Cloud Computing demi meningkatkan keamanan data pribadi, kelompok, perusahaan, dan negara. Sehingga ke depannya dibutuhkan persiapan SDM khususnya para mahasiswa dalam mendukung perkembangan Cloud Computing di Indonesia. (Direktorat Hms & Pro)

Corona dan Lockdown dalam Kacamata Ilmu Pemerintahan | Edducollege | Eddutainment UNIKOM
Jumat, 03 April 2020
Informasi Perpanjangan waktu Pembayaran Angsuran IV Semester Genap 2019/2020 dan Jadwal Pembayaran Tahap I
Jumat, 03 April 2020
Upaya untuk Tetap Produktif Saat Work from Home
Kamis, 02 April 2020