BERITA

FISIP Unikom Bangun Kolaborasi Bersama PDRI

Senin, 07 Januari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unikom yang menaungi tiga program studi, yakni Ilmu Komunikasi (IK), Ilmu Pemerintahan (IP), dan Ilmu Hubungan Internasional (IHI), membangun kolaborasi bersama Dewan Pengurus Pusat (DPP) Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) melalui penandatanganan nota kesepahaman di Ruang Rapat Lantai 9 Smart Building Unikom, Jumat (5/1/2019). Proses penandatanganan yang dihadiri jajaran dosen FISIP Unikom serta perwakilan DPP PDRI, dilakukan oleh masing-masing ketua prodi di lingkungan FISIP Unikom, Dr. Rismawaty, M.Si (Ketua Prodi IK), Dr. Nia Karniawati, S.IP.,M.Si (Ketua Prodi IP) dan Dr. Dewi Tri Wahyuni, S.IP.,M.Si (Ketua Prodi IHI) dengan Ketua Umum DPP PDRI, Dr. Ahmad Zakiyuddin S.IP.,M.I.Kom.

Selain dilakukan penandatanganan, Rismawaty yang saat itu mewakili Dekan FISIP Unikom memperkenalkan sekilas tentang kampus ini. Dari total 7 fakultas di Unikom, FISIP merupakan satu diantaranya yang saat ini memiliki student body ± 1.300 mahasiswa. Sejalan dengan namanya sebagai universitas komputer, Unikom turut mengedepankan bidang IT pada kurikulum masing-masing prodi dimana seluruh mahasiswanya dibekali mata kuliah berbasis aplikasi komputer selama 8 semester.

“Tanpa mengesampingkan konten keilmuan sesuai dengan program studinya, mahasiswa dibekali wawasan IT dengan mata kuliah aplikasi komputer, termasuk mewajibkan mereka mempelajari entrepreneurship serta animasi dan multimedia,” ujar Rismawaty. Atas dasar itulah, FISIP Unikom mengharapkan kolaborasi yang terjali dengan DPP PDRI dapat mengimplementasikan bidang IT pada setiap program atau kegiatannya sesuai dengan Tridharma Perguruan Tinggi. Terlebih FISIP Unikom memiliki berbagai fasilitas ruangan dan laboratorium representatif yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang setiap pelaksanaan program.

Sementara itu Ahmad Zakiyuddin yang akrab disapa Kang Zaki, menyambut baik kolaborasi ini karena pihaknya memang tengah melebarkan sayap melalui kerja sama berkelanjutan dengan berbagai perguruan tinggi. PDRI sendiri merupakan salah satu organisasi profesi yang baru diresmikan pada Juli 2018 lalu, sebagai wadah untuk mempersatukan para dosen membangun organisasi serikat dosen yang kuat, solid dan berintegritas.

Struktur tertinggi kepengurusan PDRI berada di level pusat, yang membawahi tingkat wilayah, daerah, hingga komisariat kampus, karena bagi Zaki pilar PDRI berada di lingkungan kampus. PDRI pun menjadikan kerja sama ini sebagai salah satu strategi networking karena kerja sama organisasi profesi dosen dengan perguruan tinggi menjadi satu keharusan agar mempermudah dosen perguruan tinggi menujukan kiprah profesionalisme dosen.

Usai pengenalan dan penandatangan nota kesepahaman, dilakukan sesi diskusi guna membahas program-program yang akan digagas kedua belah pihak secara bersama. Sehingga kedepannya diharapkan FISIP Unikom dan DPP PDRI dapat menjalin kerja sama secara berkelanjutan yang memberikan manfaat masyarakat pada umumnya, dan pihak terkait secara khusus. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019