BERITA

Divisi Codelabs UNIKOM Raih Dua Gelar Juara di Ajang ‘BNI Hackaton Festival 4th Round 2017’

Rabu, 04 Oktober 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Divisi CodeLabs Unikom menerima penghargaan sebagai Juara 3 dan Juara Favorit pada kompetisi BNI Hackaton Festival 4th Round (BNI Hackfest 4th Round) yang digelar di Bandung Digital Valley pada 23-24 September 2017. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh Ibu Basaria Martha Juliana (HCR BNI WBN), di hadapan Rektor Unikom, Assoc. Prof. Dr. Ir. Eddy Soeryanto, Soegoto, M.T, dan Civitas Akademika Unikom disela perkuliahan Entrepreneurship yang berlangsung di Auditorium Miracle Unikom, Jumat (29/9).

Martha menuturkan, pihaknya merasa bangga atas kemampuan para talenta muda yang meraih gelar juara di ajang BNI Hackfest 4th Round, terlebih dua tim diantaranya berasal dari mahasiswa Unikom. “…dalam waktu 24 jam mereka berhasil menyelesaikan sebuah project, model bisnis hingga prototipe aplikasi. Melalui kompetisi ini diharapkan bisa membuka wawasan mahasiswa untuk melahirkan banyak ide baru di era digital yang bermanfaat bagi kehidupan sosial, budaya serta ekonomi masyarakat, utamanya di daerah,” ujarnya. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ibu Linlin Nurlina Rahmah (PBP KCU Perguruan Tinggi Bandung), Ibu Diah Savitri (CRM Perguruan Tinggi Bandung) dan Ibu Veny Cieta (Pemimpin KCP BNI Unikom).

Kebanggaan pun diungkapkan oleh Rektor Unikom atas prestasi yang diraih mahasiswanya. Selain mendapat beasiswa, Rektor pun akan memberikan reward berupa uang tunai sebagai bentuk apresiasi. Sehingga diharapkan dapat memotivasi mahasiswa lainnya untuk mengikuti jejak berkompetisi dan prestasi di berbagai bidang sesuai keilmuannya masing-masing.

Melalui aplikasi mobile “Sellution Project” yang meraih gelar Juara 3, dapat membantu para pelaku UMKM untuk mengembangkan usahanya dengan menyediakan analisis data dari media sosial. Adapun ‘Comrades’ yang menyandang predikat Juara Favorit telah menciptakan project sangat luar biasa karena mempermudah masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang HIV/AIDS juga menjadi teman berbagi dan membantu para ODHA dalam berkonsultasi terkait HIV/AIDS.

Mengenai BNI Hackfest 4th Round adalah kompetisi yang digagas PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dimana Kota Bandung merupakan tempat pelaksanaan putaran ke-4, sebagai lanjutan dari kompetisi serupa yang sebelumnya digelar di Malang, Makassar, dan Yogyakarta. Hingga pendaftaran ditutup, tercatat ± 300 peserta mendaftar secara online dan terpilih 50 tim melalui proses seleksi untuk unjuk kebolehan di arena hackaton Bandung. Dari 50 tim, 10 diantranya berhasil lolos ke tahap selanjutnya untuk mengikuti Pitching on Stage yaitu mempresentasikan startup yang dibangunnya di hadapan seluruh peserta, hingga terpilih 4 tim terbaik.

Seperti dilansir dari www.duniafintech.com, hackathon adalah proses membuat aplikasi atau web based secara marathon yang diselingi dengan judge visit, dimana Dewan Juri mengunjungi para peserta untuk mengetahui lebih jauh tentang ide dan konsep startup yang diusung masing-masing tim. Serupa dengan gelaran BNI Hackfest di Yogyakarta, pada BNI Hackfest di Bandung, para peserta diperkenankan mencari dan membentuk tim impiannya melalui aplikasi “Founders Matching” yang bisa diakses melalui website www.bnihackfest.com. Setiap tim yang tampil di dorong memilih tim ideal, yang terdiri dari hustler (jago bisnis), hacker (jago coding), dan hipster (jago desain) melalui aplikasi tersebut.

Aplikasi “Founders Matching” dikembangkan oleh Siji Technology Digital yang didesain khusus untuk tujuan mencari formasi tim startup digital yang ideal. Hustler, hacker, dan hipster dipertemukan berdasarkan kesamaan visi, minat atau ide, skill teknis maupun jam terbang masing-masing individu sehingga kemampuan masing-masing anggota tim lebih merata dan bisa saling mendukung untuk mewujudkan ide besar setiap tim. Menurut rencananya, para pemenang BNI Hackfest dari masing-masing kota, akan diikutsertakan dalam BNI DigiNation di Jakarta pada akhir tahun. Berikut adalah susunan Tim Sellution Project dan Tim Comrades yang berhasil mewakili Unikom untuk menorehkan prestasi di ajang BNI Hackfest 4th Round, antara lain:

 

 

Tim Sellution Project

Tim Comrades

Hustler

Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom.,M.T

Fazal Ahmad

Hacker

Rizal Yogi Pratama

Joko Purwanto

Hipster

Firman Nizammudin Fakhrul

Biekaeksa Nur A.P

(Direktorat Hms & Pro, diolah dari berbagai sumber)

 

 

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019