BERITA

Divisi CodeLabs UNIKOM Menjadi Salah Satu Finalis Kompetisi Startup Jababeka ICT Expo 2017

Rabu, 16 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Divisi CodeLabs Unikom yang diketuai oleh Adam Mukharil Bachtiar, S.Kom., M.T, menjadi salah satu finalis “Idea Startup Competition” setelah dinyatakan lolos seleksi tahap pertama di ajang Jababeka ICT Expo. Menciptakan aplikasi web dan mobile bernama “New Sellution”, akan membantu para online marketers/pelaku usaha/pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya melalui media sosial dengan cara yang lebih tepat, efektif, dan efisien melalui teknologi big data.

Seperti dilansir dari jababekaictexpo.com, bahwa event ini merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh PT Jababeka Infrastruktur dan PT Infrastruktur Cakrawala Telekomunikasi yang berkolaborasi dengan berbagai Perusahaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Jababeka ICT Expo 2017 mengemukakan gagasan tentang "Inovasi Digital, Solusi Cerdas untuk Pengembangan Kota Pintar di Jababeka" dengan tujuan untuk mengenalkan konsep kota cerdas yang akan meningkatkan kemudahan dan keamanan bagi semua kotamadya Kota Jababeka.

Jababeka ICT Expo menyelenggarakan beberapa kegiatan diantaranya seminar, pameran, dan kompetisi startup, yang berlangsung sejak 2 Juni 2017 - 30 Agustus 2017. Acara tersebut membawa gagasan untuk memulai “Idea Startup Competition” bagi generasi muda kreatif, dengan membaginya ke dalam tiga kategori kompetisi, yaitu: 1) Financial Technology; 2) Big Data; dan 3) Internet of Things (IOT).

Secara khusus, pelaksanaan kompetisi startup telah membuka tahap pendaftaran dan presentasi terbuka pada 2 Juni - 4 Agustus 2017 lalu, dilanjutkan dengan seleksi administrasi dan konsep selama hampir satu minggu, sampai akhirnya diumumkan para finalis yang lolos ke tahap selanjutnya pada 11 Agustus 2017 lalu. Sebanyak 8 finalis lolos ke tahap ‘prototyping’, satu diantaranya yaitu Divisi CodeLabs Unikom. Menurut Adam yang juga sebagai Ketua Tim, bahwa ini merupakan tahun pertama Divisi CodeLabs Unikom mengikuti kompetisi di ajang Jababeka ICT Expo.

Pelaksanaan seleksi berikutnya dilaksanakan pada Rabu (16/8), dimana para finalis melanjutkan seleksi tahap kedua dari “Idea Startup Competition” Jababeka ICT Expo 2017, dengan agenda presentasi gagasan dihadapan para panel juri yang digelar di President Executive Club Hotel. Jl. Niaga Raya, Kota Jababeka – Cikarang. Dari tahap presentasi tersebut, dipilih 3 tim finalis yang akan mempresentasikan karyanya di grand event Jababeka ICT Expo. “Persiapan tim CodeLabs untuk saat ini adalah mempersiapkan presentasi dan finishing prototype dari New Sellution. Harapannya, tim CodeLabs bisa memberikan penampilan terbaik dan lolos ke babak selanjutnya,” jelas Adam.

Adanya kompetisi ini diharapkan dapat memberikan manfaat guna mendukung gerakan nasional menuju negara yang lebih baik dan mampu bersaing di era globalisasi. Khususnya bagi Divisi CodeLabs Unikom yang telah berpartisipasi, dapat mengharumkan nama Unikom dan menjadi pemantik bagi Civitas Akademika Unikom lainnya untuk meningkatkan motivasi dan semangat berkompetisi baik tingkat nasional maupun internasional. (Direktorat Hms & Pro)

Kontribusi Dosen Unikom Kembangkan Produk Unggulan Desa di Cibogohilir Purwakarta
Rabu, 19 September 2018
Promo Diskon 50% All Menu Kantin Unikom
Rabu, 19 September 2018
Informasi Lowongan Pekerjaan di Perusahaan PT Nusa Satu Inti Artha (Doku)
Rabu, 19 September 2018

September 2018