BERITA

Divisi Codelabs UNIKOM Kenalkan ‘Xamarin’ bagi para Developer

Senin, 25 September 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Divisi CodeLabs Unikom berkolaborasi dengan salah satu perusahaan pengembangan mobile software, Radya Labs, mengadakan ‘Seminar Xamarin’ bertemakan ‘Build Multi-Platform Mobile Apps Using Xamarin’ yang bertempat di Auditorium Miracle Unikom, Senin (18/9). Kegiatan yang dimulai pukul 10.00 WIB diikuti ± 140 peserta dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga karyawan yang berada di lingkup kerja bidang IT.

Menurut Daniyal Ahmad Rizaldhi, mahasiswa Semester 5 Program Studi Teknik Informatika (IF) juga sebagai Ketua Pelaksana, menuturkan bahwa kegiatan ini mengacu pada salah satu kurikulum di Divisi CodeLabs yaitu Mobile Apps. “Kami di CodeLabs mempunyai semacam kurikulum salah satunya tentang mobile apps. Pada waktu yang bersamaan, Radya Labs pun memiliki rencana untuk mengadakan kegiatan serupa, sehingga kami bekerja sama membuat sebuah seminar tentang pengenalan Xamarin sebagai salah satu tools dalam membuat aplikasi mobile,” tuturnya.

Seminar tersebut menghadirkan sejumlah pembicara kompeten yang menyampaikan berbagai materi terkait Xamarin kepada para peserta, diantaranya: 1) Albilaga-Radya Labs dengan materi ‘Xamarin Location Based Application’; 2) Puja Pramudya-Radya Labs dengan materi ‘Data Visualization with Xamarin’; 3) Ramdhan Rizki Jamaludin-CodeLabs dengan materi ‘Intelligent Apps with Cognitive Service’; dan 4) Firman Nizammudin Fakhrul-CodeLabs dengan materi ‘Introduction to Xamarin Forms’.

Pelaksanaan seminar Xamarin yang juga didukung oleh Microsoft, mendapatkan anstusiasme positif dari para peserta dimana mereka sangat mengharapkan untuk diadakannya pelatihan Xamarin. Mengingat tools ini memiliki banyak kelebihan, salah satu kemudahannya dapat menciptakan aplikasi mobile untuk IOS dan Windows dalam satu coding yang sama. “Melihat respon positif para peserta, kami pun berencana untuk mengadakan pelatihan Xamarin, tetapi waktu pelaksanannya masih dalam perencanaan karena menyesuaikan dengan jadwal kompetisi di CodeLabs,” jelas Daniyal.

Mengenai Xamarin dilansir dari http://imedia9.net, adalah software development tool yang bisa digunakan untuk membangun aplikasi mobile berbasis android, ios dan windows phone. Software tersebut bisa dikatakan sebagai perangkat lunak yang membuat aplikasi multiplatform dengan satu langkah. Sehingga, diperkenalkannya Xamarin kepada para peserta diharapkan bisa memberikan wawasan tambahan kepada para developer khususnya mahasiswa Unikom untuk mengembangkan karya dan inovasinya melalui mobile apps. (Direktorat Hms & Pro)

Program Kerja, Bahasan Utama Rapat Koordinasi Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Senin, 12 November 2018
Pembagian Ruangan UTS Kewirausahaan Semester Ganjil TA. 2018-2019
Senin, 12 November 2018
KPM Unikom: Jangan Takut Bicara!
Sabtu, 10 November 2018