BERITA

Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center Unikom: Persiapkan Karir Lulusan Unikom Sebagai Entreprenur

Rabu, 31 Juli 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Mendukung salah satu visi Unikom sebagai universitas yang berjiwa entrepreneur, Divisi Bimbingan Konseling dan Careeer Center Unikom mengadakan “Workshop Ads Manager & Digital Marketing” di Auditorium Miracle Kampus I Unikom, Kamis (18/7/2019). Mengusung tema “Mengenal Potensi Wawasan Pasar dan Pemasaran Produk secara lebih Efektif”, kegiatan ini diikuti lebih dari 100 peserta, yang mayoritas mahasiswa Unikom dari berbagai program studi dan beberapa diantaranya merupakan peserta umum.

Seperti diungkapkan Ketua Divisi Bimbingan Konseling dan Careeer Center Unikom, Dr. Lilis Puspitawati, S.E.,M.Si.Ak.CA, kegiatan ini bertujuan agar calon lulusan Unikom semakin memiliki gambaran ketika akan terjun sebagai entrepreneur. Salah satunya melalui pembekalan softskill yang dapat menumbuhkan minat mereka terhadap bidang entrepreneurship.

Lilis menambahkan, fokus yang ditekankan dalam workshop lebih mengarah pada strategi dan teknik pemasaran dengan menghadirkan Digital Marketing Practicioner, Yohanes Dimas, S.E, sebagai pembicara yang merupakan alumni dari Program Studi Akuntansi Unikom. Melalui kesempatan tersebut, Yohanes sedikitnya membagikan beberapa tips dan trik ketika akan terjun di dunia bisnis hingga mengelola bisnis tersebut, meliputi: 1) Market Analytics; 2) Keyword Analysis; 3) Site Optimization; dan 4) Product Optimization.

Selain memperoleh tips pengelolaan bisnis, para peserta juga diajarkan membuat akun pada beberapa platform jual beli online, dimana saat ini media tersebut menjadi salah satu media yang banyak dimanfaatkan para pelaku usaha. “…ilmu-ilmu yang disampaikan dalam kegiatan ini semakin memberikan pencerahan bahwa ketika memulai usaha kita tidak bisa sembarang dalam menentukan produk apa yang akan dipasarkan, bagaimana strategi pemasarannya, apalagi saat ini sudah banyak media-media online dan platform jual beli online yang dapat dimanfaatkan untuk memasarkan produk,” ujar Lilis,

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh sejumlah dosen dari berbagai program studi. Guna memaksimalkan pertemuan tersebut, Lilis turut mengundang para pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) dari Desa Pagerwangi dengan tujuan agar mahasiswa Unikom dapat berdiskusi dan sharing informasi bersama pelaku usaha yang telah terjun di dunia bisnis. Layaknya simbiosis mutualisme, para pelaku UKM pun memperoleh pengetahuan baru dari kegiatan ini terutama mengenai teknik pemasaran.

Divisi Bimbingan Konseling dan Careeer Center Unikom senantiasa berupaya untuk memberikan kontribusi bagi mahasiswa karena fokusnya tidak hanya berorientasi pada lulusan saja melainkan ada kewajiban untuk mempersiapkan karir mahasiswa atau calon lulusan Unikom di masa yang akan datang. Atas dasar itulah, Lilis merencanakan bahwa kegiatan pembekalan softskill seperti ini akan menjadi agenda rutin minimal satu kali dalam satu semester, yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa.

Lilis mengharapkan, wawasan mahasiswa Unikom khususnya mengenai dunia entrepreneur dapat terus bertambah dan memiliki motivasi tinggi untuk menggali kreativitas sesuai bidangnya masing-masing. Sehingga lulusan Unikom tidak hanya fokus sebagai pencari kerja tetapi turut menciptakan lapangan pekerjaan sendiri. (Direktorat Hms & Pro)

Kunjungan Edukatif SMK YMIK Jakarta ke Unikom: Menggali Wawasan Perkembangan Teknologi
Selasa, 22 Oktober 2019
Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019