BERITA

Direktorat Quality Assurance Unikom: Evaluasi dan Terobosan Baru Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Unikom

Kamis, 28 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Direktorat Quality Assurance (QA) Unikom yang dipimpin oleh Dr. Ely Suhayati, SE., M.Si., Ak., CA., menggelar “Evaluasi dan Pengendalian Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Unikom Tahun 2017/2018” di Auditorium Miracle Kampus I, Jumat (22/2/2019). Kegiatan yang diikuti para Ketua Program Studi dan Tim Penjamin Mutu Tingkat Fakultas dan Program Studi di Unikom, turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom, Dr. Ir. Herman S. Soegoto, MBA.

Menurut Herman, setiap tahun Direktorat QA Unikom melakukan pemeriksaan terhadap proses penjaminan mutu yang dilakukan di tingkat fakultas maupun program studi. “…pada level fakultas terdapat dekan dan penanggung jawab penjamin mutu fakultas, sedangkan di level prodi yang berperan adalah ketua prodi serta penjamin mutu prodi yang mengelola berdasarkan input data para dosennya, sehingga diharapkan dari tahun ke tahun SPMI Unikom semakin menunjukan peningkatan ke arah lebih baik,” tuturnya.

Herman menambahkan, keberadaan Tim Penjamin Mutu di Unikom tidak hanya membantu Direktorat QA dalam meningkatkan mutu Unikom, tetapi juga berpengaruh pada berbagai aspek terutama akreditasi. “…dukungan dan kerjasama yang berhasil di bangun antara Direktorat QA Unikom dengan Tim Penjamin Mutu Fakultas maupun Prodi sangat membantu Unikom untuk percaya diri guna mencapai penilaian yang unggul seiring dengan berkembangnya Tridharma Perguruan tinggi di Unikom,” tambahnya.

Memasuki agenda inti, Ely memaparkan roadmap Direktorat QA Unikom sejak 2012 hingga saat ini dimana setiap tahunnya memberikan perubahan ke arah lebih baik. Salah satu terobosan barunya adalah revisi SPMI yang berhasil dilakukan atas kerja sama Direktorat QA Unikom dengan Direktorat Pengembangan Teknologi dan Sistem Informasi (PTSI) Unikom melalui sistem bernama e-SPMI.

Melansir laman qa.unikom.ac.id, e-SPMI merupakan pengembangan SPMI sesuai Permenristekdikti No. 44 Tahun 2015 untuk mengimplementasilkan 45 Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mulanya masih bersifat manual, kali ini menjadi sistem terintegrasi antara universitas, LPPM, fakultas dan program studi. “…kami bekerja sama dengan Direktorat PTSI Unikom untuk membuat sistem yang lebih mendukung dalam arti memberikan kemudahan bagi dosen yang melaporkan datanya dan bagi Direktorat QA Unikom untuk memeriksanya, sehingga kami upayakan e-SPMI Unikom selalu up to date,” tutur Ely.

Secara langsung sosialisasi penggunaan e-SPMI disampaikan oleh Staf Direktorat PTSI Unikom, Donny Reza,S.Kom., dimana sistem dirancang memiliki rentang waktu tertentu untuk dapat dimanfaatkan para dosen dalam melakukan input data. Melalui keberadaan e-SPMI yang bersifat paperless diharapkan dapat meningkatkan mutu Tridharma Prguruan Tinggi secara berencana dan berkelanjutan. “…terimakasih telah membantu Direktorat QA Unikom untuk bersama sama mewujudkan kerja nyata dan kerja ikhlas dalam rangka meningkatkan mutu di Unikom dengan mengimplementasikan penjaminan mutu untuk LPPM, fakultas, prodi dan dosen,” pungkas Ely. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019