BERITA

Direktorat LPPM Unikom Gelar Seminar Hasil Penelitian Internal Unikom Tahun Akademik 2017/2018

Kamis, 28 Februari 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Bertempat di Lantai 12 Smart Building Unikom, Direktorat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Unikom mengundang para dosen sebagai ketua peneliti untuk melakukan “Seminar Hasil Penelitian Internal Unikom Tahun Akademik 2017/2018” dari berbagai bidang keilmuan di Unikom. Seminar tersebut berlangsung selama dua hari, pada 21-22 Februari 2019 dimana masing-masing ketua peneliti secara langsung mempresentasikan hasil penelitian internalnya di hadapan reviewer.

Menurut Direktur LPPM Unikom, Dr. Ir. Lia Warlina,M.Si, kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan yang diadakan Direktorat LPPM Unikom guna memberikan kesempatan kepada setiap dosen untuk melakukan penelitian internal di Unikom. Terdapat dua kategori penelitian yang salah satunya bisa dipilih oleh para dosen, yakni ‘Penelitian Pengembangan Ilmu’ dan  ‘Penelitian Pengembangan Unikom’. “…setiap dosen berhak menentukan kategori penelitian yang akan dilakukannya, untuk pengembangan ilmu orientasinya lebih banyak pada pembangunan sistem untuk nantinya diterapkan di program studi maupun fakultas, sedangkan penelitian pengembangan Unikom akan dilihat oleh reviewer sejauhmana manfaatnya bagi Unikom,” tuturnya.

Sebanyak 106 penelitian internal sukses dipresentasikan para ketua peneliti, dimana 77 diantaranya merupakan penelitian pengembangan ilmu dan 29 penelitian termasuk pada kategori pengembangan Unikom. Sementara itu, para reviewer yang melakukan proses review dalam penelitian ini, diantaranya: 1) Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra.,S.E.,M.Si; 2) Dr. Ir. Herman S. Soegoto,MBA; 3) Dr. Rahma Wahdiniwaty,M.Si; 4) Dr. Dedi Sulistyo,S.ST.,M.T; 5) Dr. Ir. Deden A. Wahab S,M.Si; 6) Dr. Wendi Zarman,M.Si; 7) Dr. Ir. Dhini Dewiyanti Tantarto,M.T; dan 8) Dr. Ir. Lia Warlina,M.Si, dimana seluruhnya merupakan reviewer bersertifikasi sebagai reviewer eksternal.

Menurut Rahma, salah satu reviewer penelitian internal Unikom, pihaknya mengapresiasi atas program rutin Direktorat LPPM Unikom karena setiap tahunnya animo para dosen untuk melakukan penelitian internal Unikom terlihat menunjukan peningkatan. “…dari penelitian yang saya review jumlahnya semakin bertambah dan umumnya sudah sesuai dengan kompetensi keilmuannya masing-masing sehingga diharapkan hal ini menjadi peluang besar bagi Unikom untuk terus berkembang, karena para dosennya semakin banyak menuangkan ide-ide dan gagasannya melalui riset, mengingat salah satu tujuan riset adalah menghasilkan solusi atas penyelesaian masalah dan pengembangan Unikom ke depan,”pungkas Rahma. (Direktorat Hms & Pro)

Study Visit Mahasiswa Program Studi Ilmu Hubungan Internasional (IHI) Unikom
Sabtu, 20 Juli 2019
Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Unikom: Tanamkan Jiwa Nasionalisme dan Bela Negara di Kalangan Mahasiswa
Jumat, 19 Juli 2019
Rencana Kolaborasi Unikom dan Universiti Putra Malaysia
Kamis, 18 Juli 2019