BERITA

Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom Gelar Rapat Kerja Evaluasi bersama para Pengelola Jurnal

Jumat, 26 Juni 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Setelah masa Work From Home (WFH) yang diberlakukan Unikom sejak akhir Bulan Maret hingga tanggal 14 Juni 2020, Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom kembali mengadakan pertemuan di Ruang L.018 Smart Building Unikom pada Kamis (26/06/2020). Pertemuan yang beragendakan “Rapat Kerja Evaluasi Pencapaian Jurnal Terakreditasi Sinta Ristekdikti” diikuti oleh ±20 pengelola jurnal dari masing-masing program studi serta dihadiri Wakil Rektor III Bidang Inovasi, Pengembangan, dan Aset Unikom, Dr. Ir. Herman S, MBA.

Melalui sambutan pembukanya Herman menuturkan ucapan selamat kepada Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah serta para pengelola jurnal yang telah berhasil membawa jurnalnya terakreditasi dan terindeks. “Pertemuan tersebut ditujukan untuk melakukan review setiap jurnal dari program studi, fakultas, maupun universitas. Harapan kami dari waktu ke waktu akreditasi jurnal yang dikelola dapat meningkat untuk lebih baik. Kami percaya bahwa jurnal di Unikom dapat menjadi media yang mewadahi paper-paper terbaik dan berkualitas.” ujarnya.

Memasuki agenda inti, Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si, menginformasikan bahwa rapat evaluasi tersebut digelar bagi terbitan jurnal periode 1. “Jurnal Unikom waktu penerbitannya dibagi menjadi 2 (dua) periode, dimana periode 1 yakni dari Bulan Januari – Juni dan periode 2 untuk Bulan Juni – September. Maka, saya selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom dapat mengetahui hal-hal seperti hambatan atau proses yang dirasakan oleh para pengelola jurnal dalam pengelolannya.” ucapnya.

Lebih lanjut Poni memaparkan bahwa melalui kesempatan tersebut, para pengelola jurnal menyampaikan laporan terkait pengelolaannya, tiap jurnal memiliki masalah yang berbeda dan beragam. “Maka, kami harus melakukan pengarahan dan merumuskan solusi sehingga dapat menyelesaikan masalah-masalah yang ada. Harapan ke depannya jurnal yang sudah terakreditasi tentunya akan terus meningkat dalam peringkat sinta dan indeksasi. Tentunya kedua hal tersebut merupakan hal baik bagi jurnal di Unikom. Target ke depan diharapkan para pengelola jurnal dapat menjaga indeksasi untuk ke depannya bahkan lebih meningkat, salah satu yang dapat dilakukan oleh pengelola jurnal yakni harus disiplin dan tertib dalam mengelola jurnalnya sehingga dapat menjaga kualitas dari paper yang masuk dan menjaga kualitas editor/reviewer.” jelasnya.

Usai pemaparan tentang pengarahan bagaimana mengelola jurnal dengan baik, agenda dilanjutkan dengan penyerahan reward berupa laptop yang diserahkan oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom kepada para pengelola jurnal yang berhasil membuat jurnalnya terakreditasi, lalu sesi diskusi dan foto bersama. Poni pun menyampaikan bahwa jurnal-jurnal yang terbit di Unikom merupakan jurnal-jurnal yang dikelola oleh program studi, fakultas maupun universitas. Sistem pengelolaan jurnal menggunakan Open Journal System (OJS) yang dapat diakses melalui URL https://ojs.unikom.ac.id/index.php/. (Direktorat Hms & Pro)

Informasi Ketentuan dan Pelaksanaan Wisuda Tahun Akademik 2019/2020
Rabu, 23 September 2020
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Dr. Wartika, S.Kom., M.T.
Rabu, 23 September 2020
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Dr. Romeiza Syafriharti, Ir., M.T.
Rabu, 23 September 2020