Berita

Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Maksimal Pengelolaan Jurnal Online Unikom

BANDUNG, UNIKOM – Meski berada di tengah situasi pandemi COVID-19 tak menyurutkan berbagai bidang kerja di Unikom untuk dapat maksimal bekerja meski dilakukan hanya dari rumah. Salah satunya yang dilakukan oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom, dimana selalu berupaya mengembangkan dan meningkatkan jurnal dan publikasi ilmiah Unikom agar dapat berkembang dan terakreditasi.

Salah satu keberhasilan yang diraih oleh Direktorat Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom ialah dengan pencapaian Jurnal Komputika (Program Studi Sistem Komputer) Unikom yang telah terindeks dalam Directory of Open Access Journal (DOAJ) pada 13 April 2020. Dilansir dari doaj.org bahwa DOAJ adalah  situs web yang mencantumkan daftar jurnal akses terbuka, dikelola oleh Infrastructure Services for Open Access (IS4OA). DOAJ diluncurkan pada tahun 2003 di Lund University Swedia dengan 300 jurnal akses terbuka. 

Selain itu, pada 22 April 2020 Jurnal Visualitas (Program Studi Desain Komunikasi Visual) Unikom berhasil tersertifikasi impact factor 2.17 oleh Cite Factor. Dikutip dari citefactor.org bahwa Citefactor merupakan layanan yang menyediakan akses kepada jurnal-jurnal yang bersifat open access dengan kualitas baik. Selain itu, Citefactor mempunyai tujuan meningkatkan visibilitas dan kemudahan terhadap jurnal-jurnal ilmiah sehingga meningkatkan nilai impact-nya.

Dr. Poni Sukaesih Kurniati, S.IP., M.Si., selaku Direktur Jurnal dan Publikasi Ilmiah Unikom menyampaikan “Keberhasilan tersebut tidak bisa diraih tanpa kerjasama dan sinergitas yang baik dari para tim pengelola jurnal program studi masing-masing. Karena pada dasarnya kami hanya membantu dan memfasilitasi saja, dan yang mengemas keseluruhannya yaitu tim pengelola jurnal prodi tersebut.” ujarnya.

Selain pencapaian tersebut, Poni menghimbau kepada para pengelola jurnal baik fakultas maupun program studi untuk dapat terus meningkatkan pengetahuan dan wawasan melalui webinar. Salah satunya dengan mengikuti webinar selama WFH pada Kamis, 14 Mei 2020 yang digelar oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI). Kegiatan yang bertajuk “Mengelola Jurnal Online di Masa Pandemi COVID-19 secara Aktif dan Kreatif” ini digelar melalui aplikasi Zoom.

Lebih lanjut, Poni berharap bahwa ke depannya jurnal dan publikasi ilmiah Unikom dapat semakin berkembang dan meningkat. “Sehingga jurnal fakultas maupun program studi dapat secara tertib menerbitkan jurnalnya sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Bertolak dari keberhasilan Jurnal Unikom yang dimana sebanyak 20 jurnal sudah terkareditasi, maka kami selaku pengelola membuka peluang besar bagi siapapun untuk mensubmitted hasil paper-nya. Dimana secara rinci informasinya dapat diakses melalui www.ojs.unikom.ac.id.” jelasnya. (Direktorat Hms & Pro)