BERITA

Digital Entrepreneur Connext: Gali Potensi Kewirausahaan Bagi Mahasiswa

Jumat, 29 November 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Universitas Komputer Indonesia bekerjasama dengan Digital Marketing School menggelar Seminar Digital Entrepreneur Connext bertajuk “Entrepreneur For Young Generation”. Seminar yang dilaksanakan  pada  hari Rabu (27/11/2019) di Auditorium Lt. 17 Smart Building Unikom tersebut merupakan rangkaian dari launchingnya kelas Perdana kursus untuk Digital Enterpreneur Class dengan berbagai level di Unikom, pada tanggal 17 Desember 2019 mendatang. Turut hadir dalam kesempatan ini, jajaran Rektorat, Dekanat, para Direktur, para Ketua Program Studi, Dosen Pengampu Mata Kuliah Kewirausahaan di lingkungan Unikom dan kurang lebih 500 peserta baik mahasiswa internal maupun eksternal Unikom.

Usai sambutannya, Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto MT membuka kegiatan secara resmi yang didamping oleh CEO TUW Consultant sekaligus Direktur Digital Marketing School dan para Wakil Rektor di lingkungan Unikom. Melalui sambutannya menyampaikan “Bahwa di era industri 4.0, segala sesuatu selalu dikaitkan dengan dunia digital. Hal ini tentu menjadi tantangan untuk generasi muda khususnya para mahasiswa agar dapat terus mengembangkan potensi diri. Melalui kegiatan ini, para narasumber yang hadir akan menceritakan bagaimana kiat-kiat menjadi entrepreneur yang sukses”. tutur Eddy.

Sejalan dengan hal tersebut, sejak dua belas tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2007 Unikom sudah mewajibkan seluruh mahasiswanya mengikuti mata kuliah entrepreneurship. Mata kuliah entrepreneur ini menjadi mata kuliah internal Unikom yang dimasukkan ke dalam kurikulum. Rektor Unikom didampingi CEO Tuw Consultant dan para Wakil Rektor secara resmi membuka Digital Entrepreneur Class bagi mahasiswa di lingkungan Unikom atau masyarakat Umum yang tertarik mendalami Dunia Enterpreneur Digital. Seperti yang disampaikan Rektor Unikom bahwa program tersebut digagas sebagai bentuk harapan, lahirnya para entrepreneur muda di Indonesia khususnya bagi mahasiswa ataupun alumni  Unikom.

Memasuki agenda inti yakni pemaparan materi yang dipandu oleh moderator Amalia Winie Prasetya, S.E., MBA., selaku ketua pelaksana, dimana mengantarkan keempat narasumber untuk membahas topik utama sebagai berikut: 1) Pentingnya Menjadi Entrepreneur di Usia Muda (Oleh Rektor Unikom Prof. Dr. Ir. H. Eddy Soeryanto Soegoto, MT.), 2) Tips & Trik Menjadi Entrepreneur Muda (Oleh Co Founder Torch Apparel Ben Wirawan), 3) Pengalaman Belajar di Digital Marketing School (Oleh Founder Mole Indonesia Angga Darmawan, MBA).dan 4) Fundamental Menjadi Entrepreneur Muda (Oleh CEO TUW Consultant sekaligus Direktur Digital Marketing School Dr. Ir. Tri Utomo, M.M.).

Mengikuti pemaparan keempat narasumber tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang entrepreneur harus melakukan hal sebagai berikut: 1) Start, dengan menentukan apakah akan membangun usaha sendiri atau bersama partner, dalam hal ini para pelaku usaha bisa memulai dengan menjadi seorang reseller., 2) Memilah kategori produk yang akan dipilih dan dipasarkan sesuai dengan segmentasi pasar., 3) Mencari pengetahuan dan ilmu, dimana dapat dilakukan melalui kegiatan seminar atau pelatihan tentang kewirausahaan (entrepreneur). serta 4) Belajar untuk mempunyai jiwa bisnis, mau berdagang, optimis dan yakin Bisa.

Partisipasi aktif 500 orang lebih mahasiswa yang memenuhi ruang auditorium lantai 17 Smart Building Unikom tersebut, dalam sesi tanya jawab membuat kesan positif akan pentingnya kegiatan ini, terlebih saat momen CEO Tuw Consultant membagikan voucher bagi para peserta yang ingin daftar dan tergabung dalam Digital Entrepreneur Class. Ajang ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai sarana untuk menggali wawasan dan pengalaman para peserta di bidang kewirausahaan (entrepreneurship). Generasi tidak lagi hanya mencari pekerjaan setelah lulus, tapi dapat membuka lahan pekerjaan baru dan membantu SDM lainnya untuk mendapatkan pekerjaan dengan menuangkan inovasi dan kreatifitas sesuai passionnya masing-masing. (Direktorat Hms & Pro)

Penerimaan Mahasiswa Baru Unikom Tahun Akademik 2020-2021 Gelombang I
Senin, 09 Desember 2019
Informasi Magang PT. Pajakku
Senin, 09 Desember 2019
Info Open Rekrutmen: Pramuka Unikom
Sabtu, 07 Desember 2019