BERITA

Civitas Akademika Desain Interior UNIKOM Hadiri TKMDII ke-XIII

Selasa, 22 Agustus 2017 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Ketua Program Studi Desain Interior (DI) Unikom, Dina Fatimah, S.Ds.,M.Ds, bersama para dosen, sekretariat, dan Himpunan Mahasiswa Prodi DI Unikom menghadiri acara  Temu Karya Mahasiswa Desain Interior Indonesia (TKMDII) ke-XIII yang digelar selama tiga hari, sejak 11-13 Agustus 2017. Mengusung tema “Gubahan Rasa (Tradisi, Eksplorasi, Selebrasi)” TKMDII kali ini menjadikan Institut Teknologi Bandung (ITB) sebagai tuan rumah atau pelaksana acara yang digelar rutin setiap dua tahun sekali.

Seperti dijelaskan oleh Dina, bahwa TKMDII adalah acara akbar mahasiswa Desain Interior di seluruh Indonesia dimana pelaksana acara atau tuan rumahnya ditentukan secara bergantian. “Acara ini menjadi ajang berkumpulnya perwakilan mahasiswa dari seluruh universitas/sekolah tinggi yang memiliki Program Studi Desain Interior di Indonesia. TKMDII pun diisi dengan serangkaian acara diantaranya pameran, seminar, ekskursi, workshop, kongres mahasiswa, dan makrab,” jelas Dina.

Tidak hanya Unikom, hadir 22 perguruan tinggi lainnya yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut, antara lain: 1) Institut Teknologi Bandung (ITB), 2) Universitas Indonesia (UI), 3) Institut Teknologi Nasional (ITENAS), 4) Telkom University, 5) Sekolah Tinggi Desain Indonesia (STDI), 6) Universitas Kristen Maranatha, 7) Universitas Trisakti, 8) Universitas Kristen Petra, 9) Institut Seni Indonesia (ISI) Solo, 10) Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar, 11) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), 12) Universitas Sebelas Maret (UNS), 13) Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya.

Secara khusus, TKMDII ke-XIII mencoba mengangkat kearifan lokal yang dimiliki Indonesia dan diimplementasikan dalam berbagai agenda kegiatan, diantaranya: 1) Pameran Akademik (Pameran karya Mahasiswa Desain Interior oleh 23 kampus di Indonesia); 2) Material Expo (Pameran material interior oleh berbagai perusahaan/produsen); 3) Workshop (Eksplorasi tradisi/eksplorasi material bambu); 4) Ekskursi (Wisata edukatif ke tempat bersejarah di Bandung); 5) Seminar (Tradisi dalam Interior dengan mendatangkan pembicara ahli dibidangnya); dan 6) Karya baru dan karya Bersama (Wadah peserta/delegasi TKMDII untuk memperkenalkan ciri masing-masing universitas dan desain interior kepada masyarakat dengan bentuk karya baru bersama dan karya baru delegasi).

Melalui acara ini diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa Prodi Desain Interior Unikom untuk lebih berperan aktif dalam menyalurkan berbagai ide kreatif dan karya inovatif serta memanfaatkan kesempatan sebagai ajang pertemuan yang bisa memperluas relasi. (Direktorat Hms & Pro)

Revisi Jadwal Penerimaan CD Penelitian Semester Genap T.A 2017/2018
Sabtu, 22 September 2018
Tim Futsal Sistem Informasi Unikom Bidik Juara 2 di Turnamen Futsal IFEST 2018
Sabtu, 22 September 2018
KPM Unikom: Tingkatkan Kualitas Personal Dalam Jamuan Makan
Sabtu, 22 September 2018

September 2018