BERITA

Belajar Bahasa dan Budaya Jepang di Japan Corner Perpustakaan Unikom

Rabu, 19 Juni 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Kegiatan “Literasi Bahasa dan Budaya Jepang” tengah berlangsung di Japan Corner Perpustakaan Lantai 8 Smart Building Unikom, sejak 17 Juni - 15 Juli 2019. Gelaran ini diinisiasi kali pertama oleh Kepala Perpustakaan Unikom, Ubudiyah Setiawati, S.Sos.,M.I.Kom, sebagai tindak lanjut kerja sama dengan Program Studi Sastra Jepang Unikom, dimana Japan Corner yang merupakan salah satu area representatif di Perpustakaan Unikom dapat diisi dengan kegiatan mengedukasi.

Ubudiyah menuturkan, “…membangun Japan Corner melalui kegiatan-kegiatan yang memungkinkan salah satunya adalah literasi mengenai semua hal tentang Jepang baik bahasa maupun budayanya, dimana literasi informasi ini secara langsung digali oleh mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Unikom, sekaligus mengeksplor kemampuan mereka untuk menyampaikan pendidikan yang selama ini diperoleh di kampus,” ujarnya.

Setiap minggunya kegiatan ini digelar dalam tiga kali pertemuan yang terbagi pada hari Senin dan Selasa pukul 09.00-12.00 WIB dan Kamis pukul 12.00-15.00 WIB. Menurut Arni Nur Yulianti, mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Unikom sekaligus pengajar dalam kegiatan tersebut mengatakan, “…banyak diantara kita khususnya kalangan mahasiswa yang ingin mempelajari bahasa dan budaya negara lain, salah satunya Jepang tapi mereka tidak tahu harus memulainya dari mana, sehingga kegiatan ini hadir untuk memberikan pemahaman yang lebih tentang bahasa dan budaya Jepang,” tuturnya.

Mengusung konsep belajar serius tetapi santai, kegiatan ini mempelajari materi yang berbeda setiap pertemuannya. Selain dari mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Unikom, kegiatan literasi juga terbuka untuk seluruh mahasiswa dari berbagai program studi di Unikom. Arni menambahkan, jika peminat kegiatan ini menunjukan animo positif maka rencananya “Literasi Bahasa dan Budaya Jepang” akan menjadi agenda rutin tahunan yang digelar di Perpustakaan Unikom.

Sementara itu bagi Ubudiyah, pihaknya memiliki kewajiban untuk menyampaikan keunggulan dan keunikan yang dimiliki Perpustakaan Unikom yakni adanya Japan Corner. Tidak hanya menyediakan sumber informasi, tetapi juga memiliki kegiatan yang dapat mengedukasi civitas akademika Unikom dan lingkungannya serta masyarakat umum. Mengingat peran Perpustakaan Unikom pun tidak terlepas dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Melalui “Literasi Bahasa dan Budaya Jepang” diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa Unikom yang ingin mempelajari lebih lanjut budaya dan bahasa Jepang serta menjadi ajang untuk memperkenalkan Perpustakaan Unikom dan Program Studi Sastra Jepang Unikom ke khalayak yang lebih luas. (Direktorat Hms & Pro)

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia Periode 2019-2024
Senin, 21 Oktober 2019
Partisipasi Aktif Dosen Program Studi Ilmu Komunikasi Unikom Bersinergi Melalui Kepengurusan ISKI Jabar
Senin, 21 Oktober 2019
Info Rekrutmen PT Unikom Kreasi Media ( Editor Video, Kameramen, dan Digital Marketing)
Sabtu, 19 Oktober 2019