BERITA

Bekali Kompetisi Mahasiswa untuk Siap dalam Dunia Kerja, Unikom Gelar Virtual Soft Skill Seminar

Jumat, 24 April 2020 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM – Melahirkan lulusan bergelar sarjana atau ahli madya yang memiliki ijazah dan transkip akademik, nyatanya tidak menjadi bekal yang cukup di era revolusi industri 4.0 seperti saat ini. Atmosfer persaingan sumber daya manusia khususnya di dunia industri semakin ketat, sehingga lulusan perguruan tinggi perlu dibekali kompetensi yang mumpuni salah satunya dibuktikan dengan sertifikat kompetensi sebagai Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI). Selain itu, sebagai pendukung para mahasiswa dalam mengenal dunia kerja perlu disosialisasikan sejak dini.

Bertolak dari hal tersebut, Unikom melalui Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center terus berupaya memberikan informasi mengenai dunia kerja melalui program rutinnya Job Fair dan konseling. Pada hari Senin, 20 April 2020, Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center Unikom menggelar Virtual Soft Skill Seminar bertajuk “Improve Self-Ability To Pursue a Career in The Industrial Revolution 4.0: It’s All Up To What You Want Let Us Give You Some Trick”. Sebanyak 311 orang peserta turut aktif mengikuti seminar yang digelar secara online melalui aplikasi Zoom.

Kegiatan tersebut terbagi dalam 4 (empat) sesi, dimana secara resmi pada sesi 1 (satu) kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor III Bidang Inovasi, Pengembangan, Aset dan Kerjasama Unikom Dr. Ir. Herman S, MBA. Dalam sambutannya Herman menyampaikan ucapan terima kasih kepada para peserta dan narasumber yang telah bersedia mengikuti seminar tersebut. “Walau digelar secara online, saya harap para peserta dapat memanfaatkan kesempatan dengan maksimal terkait materi yang disampaikan oleh para pemateri.

Memasuki agenda inti, seminar tersebut diisi oleh ketiga narasumber yang ahli dalam bidangnya masing-masing diantaranya : 1) Reynold Vincentius (Human Capital Head PT. Nawa Data Solutions) memaparkan materi “Strategi Sukses Lolos Interview dan Psikotest”, 2) Aryo Prakasa (Chief Executive Officer PT. Okanemo World Wide Indonesia) menyampaikan mengenai “The Future Career in Technology” dan 3) Hiroko Jodi Brigitte Laura Amanda (Chief Employer Branding Codex Telkom Indonesia) yang menjelaskan tentang “Career Preparation for Fresh Graduate in Digital Era”.

Dr. Lilis Puspitawati, S.E., M.Si. Ak. CA., selaku Ketua Divisi Bimbingan Konseling dan Career Center Unikom menyampaikan ” Kegiatan ini merupakan rangakain dari kegiatan The 11th Jobfair Unikom April 2020 yang rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 20 dan 21 April 2020. Namun, karena pandemi Corona Virus maka kegiatan ini harus direschedule pelaksanaannya dengan wisuda semester genap mendatang pada Bulan September. Walau diberlakukan WFH, agar program dapat berjalan dan memberikan layanan terbaik kepada alumni dan mahasiswa tingkat akhir dalam mengahadapi dunia kerja, kegiatan seminar career pun akhirnya dilakukan seraca virtual. Secara khusus, tujuan utamanya adalah untuk mempersiapkan alumni unikom agar siap secara fisik dan mental ketika akan  memasuki dunia kerja.” jelas Lilis.

Lebih lanjut Lilis menyampaikan bahwa kegiatan tersebut berupaya memberikan informasi guna memperluas wawasan mahasiswa ataupun alumni terkait bagaimana menulis CV yang baik,  menunjukan personal branding, teknik menghadapi sesi wawancara dengan baik, teknik berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan, dan.skill lain yang pada akhirnya akan meningkatkan daya saing alumni Unikom. “Kegiatan ini direspon dengan baik oleh alumni dan mahasiswa tingkat akhir. Tentunya kegiatan ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, terlebih saat ini Divisi BKCC sedang mengembangkan program pengembangan karir berkelanjutan yang akan dilakukan secara bertahap mulai dari semester 1 sampai dengan mahasiswa tersebut menjadi alumni.” tuturnya. (Direktorat Hms & Pro)

Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad S.A.W 1442 H
Rabu, 28 Oktober 2020
Selamat Hari Sumpah Pemuda KE-92
Rabu, 28 Oktober 2020
Webinar “Pandemi Covid-19 & Society 5.0”
Rabu, 28 Oktober 2020