BERITA

Antusiasme Mahasiswa Unikom Dalam “Kunjungan Kegiatan Budaya” Negeri Ginseng

Jumat, 29 Maret 2019 Media UNIKOM

BANDUNG, UNIKOM- Sebanyak ± 70 mahasiswa Unikom dari berbagai program studi memadati Ruang L.018 Smart Building Unikom guna mengikuti “Kunjungan Kegiatan Budaya” yang diinisiasi oleh Direktorat Internasional Program dan Kerjasama Unikom dengan King Sejong Institute Center Indonesia (KSIC). Kegiatan yang sukses digelar pada Senin (25/3/2019) ditujukan untuk memperkenalkan Negara Korea kepada para mahasiswa Unikom khususnya yang memiliki ketertarikan studi lanjut di Negeri Ginseng tersebut.

Hal itulah yang disampaikan Ibu Kartika Sari, Ketua Pengurus KSIC dalam sambutannya. Menurut Kartika, Unikom terpilih dalam agenda “Kunjungan Kegiatan Budaya” karena telah membangun kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Korea. “…kami ingin memperkenalkan negara Korea kepada mahasiswa Unikom termasuk dengan bahasa dan budayanya, dengan harapan semakin menumbuhkan minat dan motivasi mahasiswa untuk studi di Korea,” tuturnya.

Tidak hanya itu, Kartika pun mengucapkan terima kasih atas sambutan baik yang telah diberikan Unikom pada kegiatan ini. “Harapan kami kedepannya semoga ada jalinan kerjasama yang lebih erat, untuk merealisasikan berbagai program yang dapat dikerjasamakan,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Internasional Program dan Kerjasama Unikom, Dr Inta Budi Setya Nusa, S.E.,M.Ak, menyambut baik kegiatan ini bahkan menurut rencananya kegiatan serupa akan dijadikan agenda rutin tahunan di bidang kerja yang dipimpinnya. “…Unikom sudah merintis kerja sama dengan beberapa kampus di Korea sejak tahun 2010 dan tercatat sudah 7 perguruan tinggi yang berelasi dengan Unikom, semoga kegiatan ini bukanlah yang terakhir melainkan awal yang baik untuk kedepannya dan dapat memberikan pemahaman yang lebih luas tentang Korea kepada mahasiswa,” ujarnya.

Lebih lanjut, “Kunjungan Kegiatan Budaya” menjadi satu hal menarik sebagai rintisan awal karena Unikom tengah mengajukan pendirian Sejong Hakdang (Lembaga Kursus Bahasa Korea di Bawah Kementerian Pendidikan Korea Selatan) untuk perwakilan di Jawa Barat yang rencananya akan direalisasikan tahun ini. Artinya kegiatan kunjungan memiliki korelasi dengan berbagai program yang ada di Unikom baik yang sudah berjalan maupun di tahap perencanaan.

Agenda inti “Kunjungan Kegiatan Budaya” yang turut dihadiri Direktur Kemahasiswaan Unikom, Andrias Darmayadi, Ph.D, menjelaskan tentang Negeri Ginseng ini lengkap dengan bahasa dan budayanya yang disampaikan oleh Ibu Kimberly, PR KSIC. Selain materi juga diadakan berbagai quiz yang menambah kemeriahan sekaligus unjuk kemampuan para peserta. Mereka juga diarahkan pada proses pembuatan Jumoni atau dompet tradisional Korea dipandu Choi Ori, Pengajar Bahasa dan Budaya KSIC.

Mengakhiri kegiatan tersebut, para peserta berkesempatan untuk mencoba hanbok yaitu pakaian tradisional Korea. Melalui kegiatan ini diharapkan semakin menumbuhkan motivasi mahasiswa Unikom untuk memanfaatkan program yang dikerjasamakan antara Unikom dengan perguruan tinggi di Korea salah satunya adalah double degree di berbagai perguruan tinggi di Negeri Ginseng.

Kuisioner Tracer Study 2019: Isi Kuisioner Bertabur Hadiah
Kamis, 17 Oktober 2019
Informasi Lowongan Pekerjaan : Dremgen PTE LTD
Kamis, 17 Oktober 2019
Selamat dan Sukses atas Sidang Promosi Doktor Program Studi Pengembangan Kurikulum Dr. Soni Mulyawan Setiana, M.Pd
Kamis, 17 Oktober 2019